Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Rekomendasikan Hukuman Berat untuk Jakmania

Kompas.com - 27/06/2016, 18:02 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber JUARA

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, tetap mengizinkan TSC 2016 tetap berlangsung. Namun, ia telah merekomendasikan sanksi kepada suporter Persija Jakarta, Jakmania.

Kerusuhan itu terjadi pada laga pekan kedelapan TSC saat Persija menjamu Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (24/6/2016) malam.

Jakmania menerobos masuk ke lapangan pertandingan pada menit ke-81 dan menyerang aparat yang membuat laga dihentikan.

Hal ini sempat membuat Menpora mengancam untuk memberhentikan gelaran TSC 2016. Namun, setelah melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait, ancaman tersebut urung dilakukan.

Meski demikian, sanksi untuk Persija dan Jakmania tetat diberikan Imam. Namun, sanksi yang dijatuhkan Imam masih bersifat rekomendasi sambil menunggu keputusan Komisi Disiplin (Komdis) TSC.

”Persija tidak boleh menjadi tuan rumah selama enam pertandingan. Suporter Persija dilarang hadir pada laga Persija selama turnamen TSC ini atau minimal tidak boleh menggunakan atribut klub dalam bentuk apa pun,” kata Imam, Senin (27/6/2016).

PT Gelora Trisula Semesta (GTS) sebagai operator TSC pun terkena imbas dari kejadian ini. Imam pun meminta GTS memberikan jaminan agar kejadian ini tidak lagi terulang.

”Kami ingin PT GTS menjamin bahwa kejadian serupa tidak akan terulang kembali. Makanya, kami minta mereka untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh,” tutur Imam.

”Kemudian, mereka harus menyerahkan dokumen jaminan yang sudah diserahkan pada 15 Juli 2016,” lanjutnya. (Verdi Hendrawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com