Kompas.com - 27/06/2016, 12:43 WIB
Striker timnas Italia, Graziano Pelle, merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Belgia pada Piala Eropa 2016, Senin (13/6/2016). JEFF PACHOUD/AFP/Striker timnas Italia, Graziano Pelle, merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Belgia pada Piala Eropa 2016, Senin (13/6/2016).
|
EditorEris Eka Jaya

SAINT-DENIS, KOMPAS.com — Italia akan menghadapi Spanyol dalam laga babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Saint-Denis, Senin (27/6/2016). Gli Azzurri, julukan Italia, menyiapkan tiga taktik untuk meredam kreativitas sang juara bertahan tersebut.

Secara taktik, Italia dan Spanyol mewakili dua gaya permainan yang berbeda.

Seperti yang ditunjukkan pada fase grup, Gli Azzurri unjuk ketangguhan pertahanan ala catenaccio dengan mengandalkan efektivitas serangan balik ke area musuh.

Di lain pihak, Spanyol tetap mempertahankan dominasi dengan operan antar-lini yang mengalir. Tim asuhan Vicente del Bosque mencatat angka penguasaan bola 63,7 persen, tertinggi kedua setelah Jerman (66,5 persen).

Spanyol juga memuncaki daftar tim dengan level akurasi operan terbaik, yakni 90,1 persen.

Kedua finalis Piala Eropa 2012 itu juga menjalani kiprah yang mirip di Perancis 2016. Italia dan Spanyol sama-sama "mencaplok" dua kemenangan, lalu tumbang pada laga terakhir di grup.

Hal itu membuat Italia optimistis bisa meniru langkah Kroasia menekuk Spanyol dalam laga terbaru mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Resepnya adalah menekan secara konstan, memanfaatkan lebar lapangan, dan stabil mempertahankan kecepatan.

"Saat menghadapi Spanyol, kami tak boleh pasif karena hal itu akan menjadi kesalahan terbesar," ujar bek Italia, Andrea Barzagli, seperti dikutip Corriere.it.

Sesuai analisis Barzagli, metode tersebut dapat diakomodasi dengan penerapan tiga taktik berbeda. 

Halaman:


Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.