Kompas.com - 27/06/2016, 06:23 WIB
Pelatih Jerman, Joachim Loew, memberi instruksi kepada Thomas Mueller pada pertandingan kontra Slowakia, Minggu (26/6/2016). PATRIK STOLLARZ/AFPPelatih Jerman, Joachim Loew, memberi instruksi kepada Thomas Mueller pada pertandingan kontra Slowakia, Minggu (26/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

LILLE, KOMPAS.com - Tim nasional Jerman melangkah ke perempat final Piala Eropa 2016 seusai menang 3-0 atas Slowakia, Minggu (26/6/2016). Di perempat final, Der Panzer - julukan Jerman - menunggu pemenang antara Italia dan Spanyol.

Jerman menang atas Slowakia pada babak 16 besar berkat gol Jerome Boateng, Mario Gomez, dan Julian Draxler. Pasukan Joachim Loew bisa menang dengan satu gol lebih banyak andai penalti Mesut Oezil sukses dieksekusi.

Kemenangan ini juga membuat Loew puas. Dia melihat timnya tampil sangat bagus dan mendominasi permainan.

"Jika melihat seluruh laga, kami tampil sangat baik. Tim ini selalu bisa mengontrol permainan," ujar Loew seperti dilansir dari situs resmi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

"Dari segi bertahan, seluruh tim tampil bagus, termasuk Gomez, Oezil, dan Drexler. Para pemain membuat lawan kesulitan mengembangkan permainan," ucapnya lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati menang meyakinkan, Loew takkan terlena. Dia mengetahui laga berikutnya bagi Der Panzer akan lebih sulit karena menghadapi Italia atau Spanyol.

"Kualitas Italia dan Spanyol berada di level berbeda (dibandingkan Slowakia)," kata Loew menganalisis.

"Spanyol lebih favorit, tetapi Italia bisa melakukan segalanya. Italia tampil hebat saat mengawali turnamen, sedangkan Spanyol sempat kesulitan," tutur dia merujuk pada hasil kedua calon lawan di fase grup.

Sadar pada fase gugur segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk adu penalti, Loew akan memberikan latihan khusus kepada para pemainnya.

"Pekan ini, tendangan penalti akan menjadi salah satu menu latihan," ujar dia.

"Latihan kami pekan ini akan diisi dengan menganalisis calon lawan dan meneruskan hal yang sudah kami lakukan sebelumnya," ucapnya lagi.

Italia dan Spanyol akan bertanding pada Senin (27/6/2016). Pemenang pada laga itu sudah dinanti Jerman pada perempat final yang akan dimainkan pada Sabtu (2/7/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.