Kompas.com - 27/06/2016, 00:50 WIB
Jerome Boateng merayakan gol Jerman ke gawang Slovakia pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2016 di Lille, Minggu (26/6/2016). JOE KLAMAR/AFPJerome Boateng merayakan gol Jerman ke gawang Slovakia pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2016 di Lille, Minggu (26/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

LILLE, KOMPAS.com - Tim nasional Jerman melangkah ke perempat final Piala Eropa 2016 seusai menang 3-0 atas Slowakia pada babak 16 besar, Minggu (26/6/2016). Tim berjulukan Der Panzer itu menunggu pemenang antara Italia dan Spanyol pada babak perempat final.

Bertanding di Stadion Perre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, Jerman menang berkat gol Jerome Boateng (8'), Mario Gomez (42'), dan Julian Draxler (63'). Der Panzer bisa saja menang lebih besar andai penalti Mesut Oezil sukses.

Pada pertandingan ini, Jerman tampil begitu mendominasi. Mereka unggul dalam penguasaan bola (59 persen berbanding 41 persen) dan jumlah peluang dibandingkan Slowakia (19 berbanding 7). 

Jerman sudah unggul ketika laga baru berjalan 8 menit. Bermula dari sepak pojok, bola disundul pemain Slowakia keluar kotak penalti.

Bola sapuan itu mengarah kepada Boateng. Bek Bayern Muenchen itu langsung melepaskan tendangan mendatar yang bersarang di sisi kanan gawang Slowakia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lima menit berselang, Der Panser sebenarnya punya peluang untuk menggandakan keunggulan setelah Gomez dilanggar di kotak terlarang. Akan tetapi, tendangan penalti Oezil masih bisa dimentahkan kiper Matus Kozacik.

Setelah kegagalan itu, Jerman terus mengurung pertahanan lawan. Slowakia hanya punya satu peluang emas pada menit ke-41 lewat tembakan Juraj Kucka yang diselamatkan secara gemilang oleh Manuel Neuer.

Dua menit berselang, justru Jerman menggandakan keunggulan. Bermula dari pergerakan individual Draxler masuk ke kotak penalti Slowakia, bola lantas dioper kepada Gomez yang dengan satu sentuhan meneruskan ke jala gawang Kozacik.

Pada babak kedua, dominasi permainan masih dipegang oleh Jerman. Mereka pun menambah gol lewat tembakan akrobatik Draxler pada menit ke-63.

Dari sepak pojok Toni Kroos, Mats Hummels memenangi duel udara dengan pemain lawan. Bola yang mengarah kepada Draxler langsung disambar dan menggetarkan jala gawang Slowakia untuk ketiga kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.