Kekalahan dari Slowakia Membekas di Ingatan Loew

Kompas.com - 26/06/2016, 14:02 WIB
Ekspresi pelatih Jerman, Joachim Loew, saat mendampingi timnya melawan Irlandia Utara, dalam laga Grup C Piala Eropa 2016 di Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat. PATRIK STOLLARZ/AFPEkspresi pelatih Jerman, Joachim Loew, saat mendampingi timnya melawan Irlandia Utara, dalam laga Grup C Piala Eropa 2016 di Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat.
|
EditorAnju Christian

LILLE, KOMPAS.com - Pelatih Jerman, Joachim Loew, menangkap sinyal bahaya dari Slowakia menjelang duel kedua tim pada babak 16 besar Piala Eropa di Stade Pierre-Mauroy, Minggu (26/6/2016).

Latar belakang dari sikap Loew adalah laga uji coba WWK Arena, 29 Mei 2016. Bertindak sebagai tuan rumah, Jerman justru takluk 1-3 dari Slowakia.

Dari kekalahan tersebut, Loew mendapat sejumlah pelajaran. Dia membenahi titik lemah di pertahanan Jerman hingga akhirnya selalu mencatat clean sheet pada tiga partai fase grup Piala Eropa 2016.

"Kami seolah terbangun karena panggilan telepon setelah kekalahan akhir Mei," kata Loew.

ANDREAS JOEVI/JUARA.NET Bagan babak 16 besar dan fase gugur Piala Eropa 2016.

Mengacu pada pertemuan terakhir, Loew menganggap pertahanan Slowakia sulit dibongkar. Satu-satunya gol Jerman tercipta bukan melalui open play, melainkan eksekusi penalti Mario Gomez.

Asumsi Loew juga telah dibuktikan pasukan Jan Kozak dengan menahan Inggris 0-0 pada penutupan Grup B, Senin (20/6/2016).

"Kami tidak akan mendapatkan banyak peluang. Sebab, mereka memiliki beberapa pemain berpengalaman di pertahanan," tutur Low.

"Akan tetapi, kami akan mencari cara agar bisa melakukannya lebih baik dari Inggris," ujar pelatih berusia 56 tahun itu.

Selain pertandingan tersebut, Slowakia juga sempat mengalahkan Jerman pada 9 Maret 2005 dan 27 Agustus 1939. Hanya, secara keseluruhan, Jerman masih unggul dengan tujuh kemenangan dari sepuluh duel.

Kompas TV Remaja Asal Solo Ukir Wajah Pemain Jerman

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X