Spesialis Piala Eropa Bukan Goetze atau Mueller

Kompas.com - 26/06/2016, 08:32 WIB
Perayaan gol Mario Gomez saat Jerman mengalahkan Irlandia Utara pada partai terakhir Piala Eropa Grup C di Stade Parc des Princes, 21 Juni 2016. KENZO TRIBOUILLARD/AFPPerayaan gol Mario Gomez saat Jerman mengalahkan Irlandia Utara pada partai terakhir Piala Eropa Grup C di Stade Parc des Princes, 21 Juni 2016.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

LILLE, KOMPAS.com - Ada alasan kuat Mario Gomez harus menjadi starter saat Jerman melawan Slowakia pada babak 16 besar Piala Eropa di Stade Pierre-Mauroy, Minggu (26/6/2016).

Gomez baru membuktikan kualitasnya dengan gol tunggal ke gawang Irlandia Utara pada partai terakhir fase grup, Selasa (21/6/2016). Dengan begitu, dia sudah mengoleksi empat gol dalam turnamen ini.

Pantaslah Gomez menyandang predikat spesialis Piala Eropa. Sebab, hanya Juergen Klinsmann yang mampu melampaui torehan striker Besiktas itu.

Prestasi Gomez berbanding terbalik dengan Thomas Mueller, yang sempat diunggulkan dalam perebutan sepatu emas.

Nama terakhir mampu mencetak sepuluh gol dari 13 pertandingan Piala Dunia. Ironis, delapan partai Piala Eropa dilalui Mueller dengan nihil gol.

Sama halnya dengan Mario Goetze, yang diplot sebagai striker tunggal dalam dua pertandingan fase grup. Pencetak gol final Piala Dunia 2014 itu tampil tumpul dalam empat partai Piala Eropa.

Meski mengantongi keunggulan dari dua rekannya, Gomez bukan tanpa nilai minus. Semua golnya pada Piala Eropa terjadi saat fase grup.

Jadi, ketajaman Gomez pada tahap gugur masih harus diuji, salah satu kesempatannya yakni gawang Slowakia.

Kesempatan terbuka karena gawang Slowakia tidaklah asing untuk striker berusia 30 tahun itu. Duel kedua tim pada ajang uji coba, 29 Mei 2016, diwarnai oleh satu gol Gomez.

Berikut ini adalah deretan gol Mario Gomez khusus Piala Eropa:

Piala Eropa 2012
09/06/2012: Jerman 1-0 Portugal (Mario Gomez mencetak gol pada menit ke-72 melalui tandukan memanfaatkan umpan silang Sami Khedira)
13/06/2012: Jerman 2-1 Belanda (Dalam kurun 14 menit, Mario Gomez menggetarkan gawang Belanda dua kali dengan tembakan kaki kanan)

Piala Eropa 2016:
21/06/2016: Jerman 1-0 Irlandia Utara (Dengan kaki kiri, Mario Gomez meneruskan bola sodoran Thomas Mueller ke gawang Michael McGovern)

ANDREAS JOEVI/JUARA.NET Bagan babak 16 besar dan fase gugur Piala Eropa 2016.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X