Kompas.com - 25/06/2016, 12:15 WIB
|
EditorAnju Christian

PARIS, KOMPAS.com - Pelatih Wales, Chris Coleman, mengklaim bahwa ada perbedaan peran Aaron Ramsey di tim nasional dan klubnya, Arsenal.

Di Arsenal, Ramsey identik dengan posisi dua jangkar dalam formasi 4-2-3-1. Dia melakoni 25 dari 40 pertandingan pada 2015-2016 di posisi tersebut.

Peran Ramsey lebih ofensif. Dia bertugas mengatur serangan dari kedalaman dan kadang mendekati kotak penalti lawan. Maklum, ada sosok defensif seperti Mohamed Elneny sebagai jangkar lainnya.

Berbeda dengan lakon Ramsey di Wales. Meski sama-sama menempati pos gelandang tengah, pemain berusia 25 tahun itu lebih menahan diri untuk menyerang.

Peran Ramsey berbanding lurus dengan gaya Wales yang memeragakan sepak bola pasif. Rata-rata penguasaan bola mereka pada Piala Eropa 2016 cuma 44 persen.

"Saya berpikir bahwa Arsenal mungkin menerapkan gaya berbeda daripada kami. Begitu juga tuntutan Arsene Wenger kepada pemainnya," kata Coleman.

"Bersama kami, dia mendapatkan sejumlah petunjuk ketika tidak menguasai bola. Dia menjadi lebih disiplin dalam hal posisi," tutur sang pelatih.

Kreativitas dan produktivitas Ramsey tidak lantas tereduksi meski lebih banyak beroperasi di daerah sendiri.

Terbukti, pemain bernomor 10 ini menyumbangkan satu assist dan dua gol dalam tiga pertandingan fase grup Piala Eropa.

"Pada pertandingan terakhir ketika kami tampil sangat hebat dan menciptakan begitu banyak peluang, kebanyakan di antaranya melalui Ramsey. Anda hanya perlu membiarkan dia mengekspresikan diri," kata Coleman.

Berikutnya, Wales akan melawan Irlandia Utara pada partai babak 16 besar di Stade Parc des Princes, Sabtu (25/6/2016).

ANDREAS JOEVI/JUARA.NET Bagan babak 16 besar dan fase gugur Piala Eropa 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.