"Tangan Tuhan" Henry Bumbui Irlandia Vs Perancis

Kompas.com - 24/06/2016, 21:12 WIB
Thierry Henry mengontrol bola dengan tangan saat Perancis melawan Republik Irlandia pada partai kedua play-off Piala Dunia di Stade de France, 18 November 2009. LIONEL BONAVENTURE/AFPThierry Henry mengontrol bola dengan tangan saat Perancis melawan Republik Irlandia pada partai kedua play-off Piala Dunia di Stade de France, 18 November 2009.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

LYON, KOMPAS.com - Eks pemain belakang tim nasional Perancis, William Gallas, membahas laga kontra Irlandia babak 16 besar Piala Eropa di Parc Olympique Lyonnais, Minggu (26/6/2016).

Menurut Gallas, pertandingan tersebut bakal dibumbui memori "tangan Tuhan" Thierry Henry pada duel tujuh tahun lalu.

Pada duel di Stade de France, 19 November 2009, Henry menggunakan tangan sebelum memberikan assist kepada Gallas. Gol kontroversial ini meloloskan Perancis ke Piala Dunia 2010.

Gallas meyakini, Martin O'Neill selaku arsitek Irlandia bakal menggunakan memori kelam tersebut untuk mendongkrak motivasi anak-anak asuhnya.

"Tim ini pasti ingin membalaskan dendam. Saya meyakini, pelatih akan membahas kejadian 2009," kata Gallas.

"Pertandingan akan berlangsung panas karena mereka belum melupakan kejadian tersebut," ucap eks pemain Arsenal itu.

ANDREAS JOEVI/JUARA.NET Bagan babak 16 besar dan fase gugur Piala Eropa 2016.

Sebagai pencetak gol, Gallas mengaku tidak menyadari kecurangan dari rekan setimnya. Dia baru menyaksikan tayangan ulang setelah pertandingan berlangsung.

"Saya melihat para pemain Irlandia melancarkan protes, tetapi tidak mengetahui kenapa," tutur dia.

Laga pada 2009 menjadi pertemuan terakhir kedua tim. Dicatat Transfermarkt, Perancis masih unggul dengan enam kemenangan dari 12 pertemuan melawan Irlandia.

Juara Danurwindo - Formasi Umum

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X