Kompas.com - 23/06/2016, 06:17 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LYON, JUARA.net — Gol kapten Hongaria, Balázs Dzsudzsák, ke gawang Portugal menjadi gol keempat yang tercipta dari tendangan bebas pada Piala Eropa 2016.

Gol winger berusia 29 tahun itu pun memecahkan rekor  jumlah terbanyak untuk gol dari tendangan bebas selama penyelenggaraan Piala Eropa.

Sejak pertama didata pada 1980, jumlah gol yang dicetak melalui tendangan bebas langsung pada Piala Eropa tidak pernah lebih dari tiga kali. Rekor itu terjadi pada 1984 dan 2004. 

Rekor tersebut akhirnya dipertajam pada Piala Eropa 2016. Hingga fase grup berakhir, sudah empat kali gol dibuat melalui tendangan bebas. Salah satunya dibukukan Dzsudzsák. 

Dia mencetak gol dari tendangan bebas pada menit ke-47. Bola dari sepakan keras Dzsudzsak sempat membentur pagar betis lawan sebelum meluncur ke gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio.

Pada laga ini, Dzsudzsak mencetak dua gol, sama dengan torehan gol bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, pada laga ini. Pertandingan berakhir imbang 3-3.

Dzsudzsák pun membuktikan untuk sementara lebih baik daripada Ronaldo dalam hal mengeksekusi tendangan bebas. Bintang Portugal itu sama sekali belum pernah mencetak gol via tendangan bebas pada Piala Eropa 2016. 

Tambahan satu angka memastikan langkah Hongaria lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F. Portugal pun meraih tiket lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Berikut catatan pencetak gol tendangan bebas di Piala Eropa sejak 1980:

1980: Antonín Panenka, Ceko (penyisihan grup)

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.