Kompas.com - 22/06/2016, 19:22 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Striker Spanyol, Nolito, mengambil hikmah dari kegagalan mereka menjuarai Grup D Piala Eropa 2016. Striker Celta Vigo ini mengatakan bahwa lebih baik Spanyol mengalami kekalahan pada fase grup dari pada menelan pil pahit tersebut saat knock-out.

La Furia Roja, julukan Spanyol, kalah 1-2 dari Kroasia pada laga terakhir penyisihan grup, Selasa (21/6/2016). Alhasil, sang juara bertahan lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up grup, sehingga harus bertemu Italia yang merupakan juara Grup E.

Tentu saja Italia menjadi lawan yang sangat berat dibandingkan jika mereka bertemu peringkat ketiga terbaik (andai juara Grup D, Spanyol bertemu runner-up Grup B atau E atau F). Meskipun demikian, Nolito menilai mereka tidak gentar menghadapi Azzurri, yang dikalahkan 4-0 pada final Piala Eropa 2012.

"Tak ada orang yang senang mengalami kekalahan. Kami mengontrol pertandingan tetapi mereka mencetak gol kedua. Sekarang kami melangkah maju, kami tak boleh takut, kami akan berkompetisi dan melihat apa yang terjadi," ujar pemain berusia 29 tahun ini seperti dilaporkan AS.

"Kami kalah, kami maju, kami harus melupakan apa yang sudah terjadi. Kami sudah lolos ke putaran berikutnya dan bertemu lawan kuat. Kami harus memperbaiki kesalahan dan siap untuk pertandingan hari Senin (27/6)."

Nolito mengakui, Italia merupakan lawan yang kuat. Tetapi dia pun yakin, Spanyol memiliki skuat yang tangguh sehingga mereka bisa melewati hadangan untuk terus menjaga asa mempertahankan gelar sekaligus mencetak hat-trick turnamen empat tahunan ini setelah menjadi juara edisi 2008 dan 2012.

Memang, perjalanan Spanyol setelah menjadi runner-up Grup D, menjadi sangat terjal. Jika berhasil mengatasi Italia pada babak 16 besar, La Furia Roja kemungkinan besar bertemu Jerman, yang mereka kalahkan pada final 2008.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.