Harusnya Iniesta yang Eksekusi Penalti tetapi Ramos Lebih Percaya Diri

Kompas.com - 22/06/2016, 17:18 WIB
Bek Spanyol, Sergio Ramos (tengah) dan gelandang Spanyol Andres Iniesta (kanan), melakukan selebrasi setelah Spanyol meraih kemenangan 3-0 atas Turki pada pertandingan penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Jumat (17/6/2016). BULENT KILIC/AFPBek Spanyol, Sergio Ramos (tengah) dan gelandang Spanyol Andres Iniesta (kanan), melakukan selebrasi setelah Spanyol meraih kemenangan 3-0 atas Turki pada pertandingan penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Jumat (17/6/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Playmaker timnas Spanyol Andres Iniesta mengungkapkan bahwa sebenarnya dia yang akan melakukan eksekusi penalti saat melawan Kroasia. Tetapi Sergio Ramos merasa lebih percaya diri untuk mengambilnya, meskipun gagal.

Spanyol mendapat keuntungan ketika wasit memberikan hukuman penalti pada menit ke-72. Dalam kedudukan 1-1, La Furia Roja berpeluang menambah gol lewat eksekusi tendangan 11 meter tersebut yang diambil Ramos. Sayang, tendangan bek Real Madrid ini bisa dibendung kiper, yang justru membuat semangat Kroasia kian bergelora dan akhirnya menang 2-1.

Alhasil, Spanyol "terjerumus" ke jalur neraka lantaran lolos dengan status runner-up Grup D. Sebab, dengan demikian mereka langsung bertemu tim tangguh Italia pada babak 16 besar. Padahal, jika menjadi juara grup, maka langkah sang juara bertahan dipastikan jauh lebih ringan karena hanya menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup B atau E atau F.

Fakta sudah tersaji, Spanyol tak bisa memilih lagi. Mau tak mau, pasukan Vicente del Bosque harus siap melakoni laga hidup-mati melawan Azzurri, yang ditaklukkan dengan skor 4-0 pada final Piala Eropa 2012.

"Saya akan mengambilnya, tetapi Ramos merasa yakin dan hanya orang yang melakukannya yang bisa gagal. Keyakinan tersebut pasti ada dalam diri pemain yang melakukannya. Sayang, kami gagal meraihnya," ujar Iniesta usai pertandingan, seperti dilaporkan AS.

"Tentu saja tidak menyenangkan ketika anda kalah, tetapi kami melanjutkan perjalanan. Hal ini sudah terjadi dan sekarang kami harus melanjutkan persiapan untuk pertandingan melawan Italia dengan tujuan melangkah sejauh mungkin."

"Secara teori, kami memiliki tim yang lebih kuat di atas kertas tetapi anda tidak pernah tahu. Hal ini terjadi dalam sepak bola dan anda harus menyiapkan segalanya, tidak hanya untuk momen di mana anda mendapat pujian."

Pemain tengah FC Barcelona ini pun meminta rekan-rekannya tidak perlu meratapi kekalahan tersebut meskipun hasil negatif itu membuat mereka berada dalam situasi yang lebih rumit. Menurut Iniesta, Spanyol merupakan tim yang kuat sehingga mereka harus tetap percaya diri menghadapi fase knock-out.

"Setiap pertandingan berbeda, anda mencoba menemukan pilihan terbaik dan kadang-kadang semuanya berjalan baik tetapi kadang kala tidak. Kami kehilangan peluang terbaik dan pada akhirnya mereka mencetak gol melalui serangan balik. Kami berusaha mencari gol lagi tetapi tidak terjadi. Ini membuat segalanya menjadi lebih rumit," ungkap Iniesta.

Memang, jalan terjal harus dilalui Spanyol untuk mempertahankan gelar setelah menjadi runner-up Grup D. Jika melewati hadangan Italia pada babak 16 besar, peraih gelar Piala Eropa pada dua edisi terakhir ini berpeluang besar bertemu Jerman, yang ditengarai tidak kesulitan mengatasi peringkat ketiga terbaik Grup A atau B atau F.

Sedangkan bagi Kroasia, keberhasilan menjadi juara Grup D membuat mereka akan bertemu peringkat ketiga terbaik Grup B atau E atau F pada babak 16 besar. Jika lolos, Luka Modric dkk menghadapi pemenang Swiss vs Polandia pada perempat final.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X