Sejarah Baru, UEFA Ganti Bola di Tengah Turnamen - Kompas.com

Sejarah Baru, UEFA Ganti Bola di Tengah Turnamen

Kompas.com - 21/06/2016, 23:02 WIB
UEFA Desain bola "Fracas" yang bakal digunakan untuk babak 16 besar Piala Eropa 2016.

NYON, KOMPAS.com - UEFA merilis bola yang bakal digunakan untuk babak 16 besar Piala Eropa 2016. Bola produksi Adidas itu diberi nama "Fracas".

"Fracas" bakal menggantikan "Beau Jeau", bola yang digunakan pada fase grup. Dengan begitu, Piala Eropa 2016 menjadi turnamen internasional pertama yang menggunakan bola berbeda untuk babak gugur.

Hanya, tidak ada perbedaan antara "Fracas" dan "Beau Jeau" dari sisi makna. Keduanya berarti "Permainan Indah" dalam Bahasa Indonesia.

Warna dasar yang digunakan pun sama-sama putih. Perbedaannya, "Fracas" menggunakan warna merah untuk latar huruf "E-U-R-O" dan angka "2-0-1-6".

Diklaim Adidas, desain "Fracas" merepresentasikan semangat "winner takes all" atau senada dengan aturan pada fase gugur.

Sejumlah media Eropa sempat mengaitkan peluncuran "Fracas" dengan insiden bola kempis saat Swiss melawan Perancis di Stade Pierre Mauroy, Minggu (19/6/2016).

Bola rusak karena perebutan antara Antoine Griezmann dan Valon Behrami pada babak kedua pertandingan tersebut.

Adidas lantas membantah dan menyatakan tidak ada korelasi dengan insiden bola kempis.

FRANCK FIFE/AFP Gelandang Swiss, Valon Behrami, mengangkat bola Beau Jeu yang sobek saat melawan Perancis pada pertandingan pamungkas Piala Grup A di Stade Pierre Mauroy, Minggu (19/6/2016).

Hingga kini, Adidas belum mengungkapkan faktor penyebab kerusakan bola "Beau Jeau".

"Kami masih menelaah. Hanya, 'Beau Jeu' telah menerima banyak pujian dari para ahli karena kontribusinya pada awal turnamen," bunyi pernyataan Adidas, seperti dikutip Guardian, Senin (20/6/2016).

Juara Piala Eropa 2016, Parade Tukang Jagal


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAloysius Gonsaga AE

Close Ads X