Kompas.com - 20/06/2016, 20:29 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berpidato dihadapan suporter Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (18/6/2016) Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniWali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berpidato dihadapan suporter Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (18/6/2016)
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai el clasico antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada lanjutan TSC 2016 pada 16 Juli mendatang.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mempersilakan kepada suporter Persija, The Jakmania, untuk hadir di stadion. Mengingat pertandingan itu punya tensi tinggi di dalam maupun di luar stadion, Ridwan telah melakukan persiapan sejak jauh hari.

Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, pun telah bertemu dengan Kapolda Jabar, perwakilan Jakmania, serta pengurus Persib untuk membahas persoalan teknis kedatangan Jakmania.

"Aspirasi dari Jakmania juga sudah diklarifikasi. Saya antar (Jakmania) menghadap Pak Kapolda. Kesimpulannya, suporter kami persilakan datang, tidak ada masalah," ucap Emil di Balai Kota Bandung, Senin (20/6/2016).

Emil menuturkan, Jakmania akan diberi jatah tiket 10 persen dari total 38 ribu kapasitas stadion. Dia mengupayakan Jakmania untuk hadir di Bandung untuk membangun citra postif di sepak bola Indonesia.

"Jadi kita ingin membuktikan sepak bola damai, jangan dibuat mitos seolah menakutkan. Nanti akan ada rapat khusus antara Polda Metro dan Polda Jabar pascalebaran untuk membahas soal teknis," tuturnya.

Kendati begitu, lantaran menyangkut masalah keamanan, Emil menyebut hanya pihak kepolisian yang bisa memutuskan boleh tidaknya Jakmania datang ke Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keamanan kan domain polisi, saya hanya tugas administrasi. Selama ada urusan di wilayah Kota Bandung, saya ikut bertanggung jawab," ujar dia. 

"Hal ini sudah melebihi panggilan tugas, ini tugas panitia dan keamanan. Namun, intinya Kapolda menjamin dan mendukung kelancaran pertandingan yang sangat ditunggu. Everything is fine," ujar Emil.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.