Lukaku Petik Pelajaran Berharga dari Italia

Kompas.com - 15/06/2016, 14:10 WIB
Penyerang Belgia, Romelu Lukaku (kedua dari kanan), berduel dengan bek Italia, Giorgio Chiellini (paling kanan), dalam laga Grup E Piala Eropa 2016 di Parc Olympique Lyonnais, Senin (13/6/2016) waktu setempat. PHILIPPE DESMAZES/AFP Penyerang Belgia, Romelu Lukaku (kedua dari kanan), berduel dengan bek Italia, Giorgio Chiellini (paling kanan), dalam laga Grup E Piala Eropa 2016 di Parc Olympique Lyonnais, Senin (13/6/2016) waktu setempat.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Penyerang andalan tim nasional Belgia, Romelu Lukaku, mengaku mendapatkan pelajaran berhaga usai menelan kekalahan 0-2 dari Italia, pada Senin (13/6/2016).

Belgia yang diperkuat oleh sejumlah pemain terbaiknya, seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard, Marouane Fellaini, dan Radja Nainggolan, secara mengejutkan kalah dari Italia.

Padahal, sebelum tunamen Piala Eropa 2016 digelar, Belgia sempat disebut-sebut sebagai tim yang mampu memberikan kejutan, mengingat kini berstatus tim peringkat kedua dunia di ranking FIFA.

Kekalahan pada laga pembuka membuat Lukaku sadar bahwa masih banyak hal yang harus diperbaiki dari permainan timnasnya.

"Sebelum turnamen, banyak orang berbicara mengenai apa yang bisa kami lakukan. Namun, saat melawan Italia, kami mendapatkan realitasnya," ujar Lukaku seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (14/6/2016).

"Kami bermain melawan tim yang dikenal memiliki taktik sangat kuat dan efisien. Hal itu perlu kami pelajari," ucap pemain Everton itu melanjutkan.

Menurut statistik UEFA, pada laga kontra Italia, Belgia memang unggul 56 persen dalam penguasaan bola. Namun, Belgia tampak kelabakan saat harus meladeni permainan ala serangan balik milik Italia.

Selanjutnya, Belgia akan berhadapan dengan Republik Irlandia yang sebelum bermain imbang 1-1 dengan Swedia. Laga itu akan digelar Stade Matmut Atlantique, pada Sabtu (18/6/2016).

"Republik Irlandia adalah tim yang bagus. Pertahanan mereka sangat baik, dan dini lini depan mereka mempunyai pemain yang bisa membuat perbedaan," kata Lukaku.

Dari segi komposisi skuad, Republik Irlandia memang dihiasi oleh sejumlah pemain berpengalaman.

Mereka di antaranya Robbie Keane, Shane Long, John O'Shea, dan salah satu kiper tertua di Piala Eropa 2016, Shay Given.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X