Kompas.com - 15/06/2016, 07:32 WIB
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) melakukan peregangan otot dan dibantu gelandang muda Portugal, Renato Sanches, dalam sesi latihan persiapan Piala Eropa 2016 di PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFPPenyerang Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) melakukan peregangan otot dan dibantu gelandang muda Portugal, Renato Sanches, dalam sesi latihan persiapan Piala Eropa 2016 di "Cidade do Futebol" (Football City) di Oeiras, Lisabon, Minggu (5/6/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Renato Sanches mencatat sejarah ketika masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy Guichard, Selasa (14/6/2016). Pemain Bayern Muenchen tersebut memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah sepak bola Portugal pada kompetisi akbar.

Sanches, kelahiran 18 Agustus 1997 ini, masuk pada menit ke-71. Pelatih Fernando Santos menurunkan mantan gelandang tim junior Portugal tersebut setelah menarik keluar Joao Moutinho.

Kesempatan melakukan debut di tim senior ini membuat Sanches mematahkan rekor milik Cristiano Ronaldo, yang sudah bertahan selama 12 tahun. Ronaldo tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Portugal ketika membela Seleccao pada Piala Eropa 2004. Waktu itu Ronaldo berusia 19 tahun 128 hari.

Kini, rekor tersebut menjadi milik Sanches karena saat bermain baru berusia 18 tahun 301 hari. Sayang, kehadiran mantan pemain Benfica ini tak terlalu memberikan dampak signifikan lantaran Portugal hanya bermain imbang 1-1, meskipun sempat memimpin berkat gol mantan pemain Manchester United, Luis Nani.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X