Kompas.com - 15/06/2016, 07:32 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Renato Sanches mencatat sejarah ketika masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy Guichard, Selasa (14/6/2016). Pemain Bayern Muenchen tersebut memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah sepak bola Portugal pada kompetisi akbar.

Sanches, kelahiran 18 Agustus 1997 ini, masuk pada menit ke-71. Pelatih Fernando Santos menurunkan mantan gelandang tim junior Portugal tersebut setelah menarik keluar Joao Moutinho.

Kesempatan melakukan debut di tim senior ini membuat Sanches mematahkan rekor milik Cristiano Ronaldo, yang sudah bertahan selama 12 tahun. Ronaldo tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Portugal ketika membela Seleccao pada Piala Eropa 2004. Waktu itu Ronaldo berusia 19 tahun 128 hari.

Kini, rekor tersebut menjadi milik Sanches karena saat bermain baru berusia 18 tahun 301 hari. Sayang, kehadiran mantan pemain Benfica ini tak terlalu memberikan dampak signifikan lantaran Portugal hanya bermain imbang 1-1, meskipun sempat memimpin berkat gol mantan pemain Manchester United, Luis Nani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.