Kompas.com - 14/06/2016, 19:03 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain Consadole Sapporo, Irfan Bachdim, mengaku senang dengan keputusan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih tim nasional Indonesia.

Keputusan PSSI menetapkan Riedl sebagai pelatih cukup kontroversial. Pasalnya, Riedl tidak termasuk kandidat pelatih timnas.

Tiga kandidat yang menjadi pelatih timnas adalah Rahmad Darmawan, Indra Sjafri, dan Nil Maizar yang sebelumnya mengikuti fit and proper test di Kantor PSSI.

Namun, PSSI menilai Riedl dianggap sosok yang tepat. Pelatih asal Australia sangat mengenal sepak bola Indonesia setelah sempat membesut timnas pada Piala AFF 2010.

Riedl mampu membawa Indonesia ke babak final tetapi gagal menjadi juara setelah dikalahkan Malaysia. Saat itu, Bachdim merupakan salah satu pilar penting yang dimiliki Riedl.   

"Penujukan Riedl sebagai pelatih sangat baik. Dia memiliki banyak pengalaman soal sepak bola Indonesia. Dia juga banyak mengenal pemain. Hal itu bagus buat tim," kata Irfan kepada KOMPAS.com, Selasa (14/6/2016).  

Tugas pertama Riedl adalah menyiapkan tim untuk tampil di Piala AFF 2016 dari November hingga Desember 2016.

Irfan berharap dirinya bisa kembali menjadi bagian dari timnas Indonesia. Terlebih, dia merasa memiliki cukup pengalaman setelah 3 tahun berkarier di Liga Jepang.

"Saya mungkin tidak selalu bermain pada setiap pertandingan tetapi kami bermain dalam laga persahabatan pada setiap akhir pekan dengan intensitas tinggi," ujarnya.  

"Saya merasa lebih kuat daripada 2 tahun lalu. Seandaianya memiliki sebuah kesempatan dan dihubungi pelatih, saya akan membuktikan kepada dia bahwa saya pantas membela timnas," tuturnya lagi.

Irfan sudah tiga tahun menjalani karier di Liga Jepang. Dalam dua musim terakhir, dia membela Consadole Sapporo. Sebelumnya, dia bermain untuk Ventforet Kofu.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.