Kompas.com - 14/06/2016, 06:02 WIB
David De Gea dipercaya sebagai kiper utama Spanyol pada laga versus Rep. Ceko, Senin (13/6/2016). PASCAL GUYOT/AFPDavid De Gea dipercaya sebagai kiper utama Spanyol pada laga versus Rep. Ceko, Senin (13/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

TOULOUSE, KOMPAS.com - David De Gea menjadi pilihan pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, pada pertandingan pertama Grup D Piala Eropa 2016 menghadapi Rep. Ceko, Senin (13/6/2016).

Pemandangan itu terasa "janggal" lantaran biasanya Iker Casillas yang menjadi benteng terakhir Spanyol. Dia telah menjadi kiper utama La Furia Roja, julukan Spanyol, sejak Piala Dunia 2002.

Ditanya mengenai keputusannya yang lebih memilih memainkan De Gea dibanding Casillas, Del Bosque coba menjawab dengan berhati-hati.

"Casillas adalah pemain luar biasa. Meskipun berada di bangku cadangan, dia terus mendukung tim," kata Del Bosque seusai pertandingan seperti dilansir dari situs remi UEFA.

Dipercaya sebagai kiper utama, penampilan De Gea tidak mengecewakan. Dia melakukan sejumlah penyelamatan, terutama pada masa injury time babak kedua ketika menepis tendangan voli Vladimir Darida.

Kesuksesan De Gea menepis tendangan Darida menjaga keunggulan Spanyol atas Rep. Ceko. Spanyol menang tipis 1-0 berkat gol Gerard Pique pada menit ke-57.

"Kami menciptakan banyak peluang dan menguasai permainan sepenuhnya, itulah hal yang paling penting," ujar eks juru taktik Real Madrid itu.

"Semua orang ingin kami mencetak lebih banyak gol, tetapi gaya bermain kami terbukti tidak terlalu buruk dalam beberapa tahun terakhir," tuturnya lagi.

Spanyol dan Kroasia saat ini sama-sama memuncaki klasemen Grup D dengan raihan tiga poin dan surplus satu gol. Laga Spanyol berikutnya adalah menghadapi Turki pada Jumat (17/6/2016).

Siapa yang akan menjadi kiper utama pada laga tersebut? "Saat ini bukan saat yang tepat untuk membicarakan tentang siapa akan bermain di pertandingan berikutnya," ucap Del Bosque. (Septian Tambunan) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.