Kompas.com - 13/06/2016, 16:43 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


PARIS, KOMPAS.com - Demi mengurangi bentrok antarsuporter, Perancis melarang konsumsi bir atau minuman beralkohol pada hari-hari laga Piala Eropa 2016.

Piala Eropa memang dinodai dengan kericuhan antarasuporter. Teranyar, suporter Rusia dan Inggris saling serang usai kedua tim berlaga di Stade Velodrome, Sabtu (11/6/2016).

Beberapa jam sebelum kick-off, dan selama dua hari sebelumnya, pendukung kedua kubu juga terlibat perkelahian di distrik Vieux Port, Marseille.

Guna menghindari kejadian serupa, Perancis melalui Menteri Dalam Negeri, Bernard Cazeneuve, memerintahkan seluruh kota penyelenggara untuk menerapkan larangan konsumsi maupun penjualan minuman mengandung alkohol sebelum dan setelah pertandingan.

"Saya telah meminta semua kota untuk melarang penjualan dan konsumsi minuman beralkohol di daerah sensitif pada hari pertandingan dan sehari sebelumnya," ujar Cazeneuve dilansir Mirror.

"Peristiwa yang berlangsung di Marseille kemarin malam tidak bisa diterima, baik oleh pihak berwenang, masyarakat, dan juga pecinta sepak bola," kata Cazeneuve lagi.

UEFA sudah mengambil tindakan terkait insiden di Marseille. Federasi Sepak Bola Eropa tersebut mengancam akan mendiskualifikasi Inggris dan Rusia jika suporter mereka kembali berbuat onar di stadion.

Badan tertinggi sepak bola Eropa itu sendiri tak punya jurisdiksi terhadap kerusuhan yang terjadi di luar venue pertandingan.

"Komite Eksekutif UEFA mengingatkan kepada Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) bahwa UEFA tidak akan segan mengeluarkan sanksi, termasuk mendiskualifikasi kedua tim, jika kejadian yang sama terulang," demikian sebagian isi dari pernyataan UEFA.

Duel Inggris kontra Rusia akhirnya ditutup dengan skor sama kuat 1-1. Gol dalam laga tersebut dicetak oleh Eric Dier dan Vasili Berezutski. (Ade Jayadireja)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber JUARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.