Kompas.com - 12/06/2016, 16:06 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS.com - Pelatih Inggris, Roy Hodgson, tidak cuma dikritik karena hasil imbang kontra Rusia, Sabtu (11/6/2016), tetapi juga lantaran putusannya dalam pertandingan itu.

Salah satunya adalah penunjukan Harry Kane sebagai eksekutor sepak pojok. Sebanyak 6 kali, pemain bernomor 9 itu melepaskan umpan dari sudut lapangan pada paruh pertama.

Di Tottenham Hotspur, tugas tersebut jarang diemban oleh Kane. Dia lebih identik dengan predikat penyambut ketimbang pelepas servis.

Terlihat janggal pula karena Inggris sebenarnya masih memiliki Wayne Rooney, James Milner, dan Dele Alli. Ketiganya fasih menjalani tugas sebagai eksekutor di level klub.

Oleh karenanya, Alan Shearer sempat melantunkan kicauan bernada skeptis di Twitter saat pertandingan berlangsung.

Jauh sebelum Kane, kostum nomor 9 Inggris identik dengan Shearer. Nama terakhir mencetak 30 gol dalam kurun delapan tahun membela The Three Lions.

"Saya harus mengatakan, apabila pelatih menginstruksikan untuk mengambil sepak pojok, saya bakal menjawab, 'Silakan minta pemain lain'," tulis Shearer.

Tidaklah mengherankan apabila kritik mengiringi sepak pojok Kane. Hasilnya masih jauh dari kata memuaskan. Hanya dua sepak pojok Kane berbuah peluang, yaitu pada menit ke-7 dan ke-12.

Skenarionya pun berulang. Bola dari sepak pojok dipantulkan dengan kepala Gary Cahill, lalu disambut oleh Dele Alli. Hal ini terjadi pada menit ke-7 dan ke-33.

Repetisi ini sekaligus menunjukkan bahwa Hodgson sudah sering mengasahnya pada sesi latihan dan partai pemanasan menjelang turnamen.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.