Kompas.com - 12/06/2016, 09:09 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS.com - Tim nasional Inggris masih belum bisa lepas dari "kutukan" laga pembuka Piala Eropa. Terbaru, Inggris bermain imbang 1-1 melawan Rusia, Sabtu (11/6/2016).

Inggris tampil begitu mendominasi pada pertandingan di Stadion Velodrome itu. Namun, mereka baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-73 melalui tendangan bebas Eric Dier.

Hingga menit ke-90, Inggris tetap unggul 1-0. Namun, memasuki menit kedua masa injury time, kemenangan mereka yang sudah di depan mata sirna lantaran sundulan Vasiliy Berezutsky.

"Gol itu adalah pil pahit bagi kami," tutur pelatih Three Lions, Roy Hodgson, seusai laga seperti dilansir dari BBC.

Inggris pun harus puas bermain imbang 1-1. Hal ini meneruskan tren negarif The Three Lions, julukan timnas Inggris, yang tak pernah menang dalam laga pembuka kompetisi antarnegara Eropa.

Termasuk partisipasi di Perancis 2016, Inggris sudah 9 kali gagal menekuk lawan pada duel perdana. Tren negatif itu diawali oleh kekalahan 0-1 saat menghadapi Yugoslavia di Italia 1968.

Dalam 8 edisi berikutnya, hasil yang diraih The Three Lions pada laga pembuka adalah seri (1980, vs Belgia 1-1), kalah (1988; vs Irlandia 0-1), imbang (1992; vs Denmark 0-0), imbang (1996; vs Swiss 1-1), kalah (2000; vs Portugal 2-3), kalah (2004; vs Prancis 1-2), imbang (2012; vs Prancis 1-1), dan kini imbang juga (2016; vs Rusia 1-1).

"Saya merasakan emosi yang sama dengan para pemain. Hasil ini lebih dari sekadar mengecewakan. Skor imbang terasa seperti kekalahan. Kemenangan 1-0 seharusnya sempurna bagi Inggris," ujar Hodgson.

"Performa kami layak menghasilkan tiga poin. Jelas kami kecewa, tetapi tim masih mendapatkan satu poin dan kami harus bangkit," ucap kapten Inggris, Wayne Rooney, di situs UEFA.

Inggris akan menjalani laga kedua Grup B menghadapi Wales, Rabu (15/6/2016). Berbeda dengan The Three Lions, Wales menjadi negara Inggris Raya pertama yang bisa meraih kemenangan pada laga pertamanya di Piala Eropa.

Wales untuk sementara memimpin klasemen Grup B berkat kemenangan 2-1 atas Slovakia. (Beri Bagja) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber JUARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.