Kompas.com - 12/06/2016, 08:45 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

BORDEAUX, KOMPAS.com - Gareth Bale tampil gemilang saat Wales menang 2-1 atas Slovakia pada laga perdana Grup B, Sabtu (11/6/2016). Satu gol berhasil dilesakkan pemain Real Madrid itu.

Bermain di Stade Matmut-Atlantique, Wales berhasil membuka kemenangan melalui tendangan bebas Bale pada menit ke-10. Slovakia berhasil membalas pada menit ke-61 melalui sepakan Ondrej Duda.

Gol kemenangan Wales baru berhasil tercipta pada menit ke-81 melalui sepakan Hal Robson-Kanu. Pemain klub Reading itu berhasil menyambar bola yang lepas dari kendali rekannya, Aaron Ramsey.

Kemenangan tersebut sangat spesial karena didapat pada laga debut Wales di Piala Eropa. Gol tendangan bebas Bale itu pun akan sangat spesial dan akan terus dikenang sebagai yang pertama berhasil dicetak pemain Wales di ajang tersebut.

Namun, Bale tidak terlalu jemawa dengan gol bersejarah tersebut. Bagi pemain milik Real Madrid berusia 26 tahun itu, kemenangan The Dragons - julukan Wales - adalah yang terpenting dari pertandingan tersebut.

"Tidak peduli siapa yang mencetak gol. Hal terpenting adalah kami mampu meraih tiga poin dan memberi hiburan kepada fans kami!" ucap Bale seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

Pendapat hampir mirip diutarakan pelatih Chris Coleman. Dia menilai kontribusi penting Bale bukanlah pada penciptaan gol pertama, melainkan pada akhir-akhir pertandingan.

"Semua orang akan memandang gol yang berhasil dicetak, tetapi penampilan terbaik Bale hadir pada akhir pertandingan. Ia menunjukkan kecerdasan dalam bermain sepak bola," kata Coleman.

"Bale tidak bermain cantik, tetapi akan melakukan apa saja untuk tim. Dia mengerti apa yang dibutuhkan tim darinya. Hasil akhir ini akan disukai oleh tiga juta orang Wales," ucapnya.

Dukungan suporter yang datang jauh-jauh dari Wales ke Perancis juga dipuji oleh Bale. Kini, dia berharap bisa mempersembahkan hasil positif pada laga berikutnya melawan Inggris.

"Sekarang kami sudah mulai fokus ke Inggris. Kami telah berhasil pada pertandingan pertama dan sekarang masih ada dua pertandingan lagi yang akan kami hadapi. Kami akan terus berjuang!" tuturnya.

Wales yang saat ini memimpin klasemen Grup B akan berhadapan dengan Inggris pada pertandingan kedua, Rabu (15/6/2016). (Verdi Hendrawan) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.