Wales Bukan Cuma Gareth Bale

Kompas.com - 10/06/2016, 05:20 WIB
Dua pemain Wales, Gareth Bale (kiri) dan Aaron Ramsey, melakukan selebrasi usai mengalahkan Andorra pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Cardiff City, 13 Oktober 2015. GEOFF CADDICK/AFP Dua pemain Wales, Gareth Bale (kiri) dan Aaron Ramsey, melakukan selebrasi usai mengalahkan Andorra pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Cardiff City, 13 Oktober 2015.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Gareth Bale menyebut tim nasional Wales tidak hanya bergantung pada dirinya seorang. Dia menilai keberhasilan Wales lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 tak lepas dari kerja sama tim.

Nada miring soal ketergantungan Wales terhadap Bale tak lepas dari performa minor sejak keberhasilan lolos dari fase kualifikasi. Tanpa Bale, Wales hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan persahabatan.

Hal tersebut lantas menimbulkan premis bahwa Wales amat bergantung pada Bale. Apalagi, dia menyumbang tujuh dari 11 gol timnya pada kualifikasi Piala Eropa 2016.

Pada uji coba terbaru menghadapi Swedia, Minggu (5/6/2016), Bale kembali. Main sejak menit ke-65, pemain Real Madrid itu gagal mengangkat performa tim dan The Dragons - julukan Wales - harus mengakui keunggulan 3-0 Zlatan Ibrahimovic dkk.

"Tim ini tidak dibangun oleh satu orang. Ada 11 pemain di lapangan saat memulai pertandingan," kata Bale seperti dilansir BBC, Kamis (9/6/2016).

"Bagi kami, tim adalah segalanya. Moto 'Bersama Tambah Kuat' di tim ini bukan tanpa alasan," tuturnya lagi.

Menghadapi turnamen internasional pertama Wales sejak Piala Dunia 1958, Bale mengaku tidak merasa tertekan. Dia justru ingin menikmati momen keberhasilan itu dengan santai.

"Saya ingin mencoba menikmati permainan di lapangan hijau laiknya seorang anak kecil," ucap mantan pemain Tottenham Hotspur itu.

"Tim Wales saat ini sudah seperti saudara atau teman yang selalu bercanda dan main bersama. Namun, ketika harus serius, kami akan berjuang satu sama lain," ujar dia.

Pada putaran final Piala Eropa 2016, Wales tergabung di Grup B bersama Inggris, Rusia, dan Slovakia. Negara terakhir menjadi lawan pertama Wales pada Sabtu (11/6/2016).

 

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X