Kompas.com - 09/06/2016, 16:41 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Tim nasional Inggris menjadi skuad paling bernilai pada Piala Eropa 2016. Sementara itu bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, merupakan pemain dengan harga paling tinggi di Perancis.

Sebuah penelitian yang dilakukan CIES Football Observatory mengungkapkan bahwa total harga dari skuad Roy Hodgson termasuk nilai transfer Harry Kane dan Wayne Rooney mencapai 751 juta euro (Rp 14,4 triliun).

Organisasi ini juga menemukan bahwa ada 4 tim pada Piala Eropa yang nilainya lebih dari 500 juta euro. Keempat tim tersebut adalah Perancis (697 juta euro), Spanyol (639 juta euro), Jerman (601 juta euro), dan Belgia (550 juta euro). Hungaria menjadi tim dengan nilai pasar paling rendah yakni 30,1 juta euro.

Untuk pemain yang tampil pada Piala Eropa, Ronaldo menjadi sosok yang sangat berharga dengan nilai mencapai 138 juta euro (sekitar Rp 2,1 triliun). Nilai tersebut membuat Ronaldo di atas nilai 12 negara termasuk Austria (135,7 juta euro) dan Ukraina (118,9 juta euro).

Sementara Harry Kane menjadi pemain paling berharga di skuad Inggris dengan nilai mencapai 112,5 juta euro. Begitu juga dengan Antoine Griezmann yang menjadi pemain termahal di Perancis dengan harga 120,2 juta euro.

CIES Football Observatory dalam menentukan nilai pemain menggunakan berbagai faktor termasuk usia, posisi, kontrak yang tersisa, dan status internasional. Faktor lainnya adalah penampilan pemain di kancah domestik dan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.