Kompas.com - 07/06/2016, 18:39 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Lelah sebelum bertanding, mungkin itu dirasakan para pemain tim nasional Spanyol menjelang Piala Eropa 2016 di Perancis.

Anggapan tersebut tercermin dari keterlibatan 23 anggota skuad La Furia Roja, julukan Spanyol, di level klub. Apabila dirata-rata, setiap pemain melalui 3.462 menit pada semua ajang musim 2015-2016.

Untuk predikat tim paling lelah, Spanyol mengungguli 15 negara lainnya. Inggris mengekor dengan rata-rata 3.172 menit dan Perancis mencatatkan 3.418 menit.

Apabila ditilik lebih dalam, 18 pemain Spanyol melakoni lebih dari 40 pertandingan bersama klub. Adapun di Inggris dan Perancis, hanya ada 13 pemain dengan catatan serupa.

Catatan Spanyol turut terdongkrak dengan kiprah Sergio Busquets, Koke, dan Juanfran. Ketiganya melalui lebih dari 4.200 menit bersama klub.

Maklum, Busquets mengantarkan Barcelona hingga final Copa del Rey, sedangkan dua nama terakhir membela Atletico Madrid pada final Liga Champions.

Koke dan Juanfran juga sempat mendapatkan rehat tambahan setelah partai puncak di Stadion Giuseppe Meazza. Mereka tidak dilibatkan saat Spanyol melawan Bosnia Herzegovina, Sabtu (28/5/2016), dan Korea Selatan, Selasa (31/5/2016).

Atas dasar itu, Del Bosque besar kemungkinan menerapkan rotasi di semua lini, termasuk penjaga gawang, pada turnamen nanti.

Untuk uji coba terakhir melawan Georgia d Stadion Coliseum Alfonso Perez, Selasa (7/6/2016), De Gea bakal mendapatkan giliran starter.

"Ada kemungkinan De Gea bermain. Casillas sudah melakukannya saat melawan Korea Selatan. Hanya, saya belum memutuskan siapa penjaga gawang utama saat ini," kata Del Bosque.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.