Kompas.com - 26/05/2016, 20:10 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

MANCHESTER, KOMPAS.com - Josep "Pep" Guardiola diyakini akan membuat Manchester City mereplika permainan Barcelona, meskipun The Citizens tak memiliki Lionel Messi.

Guardiola akan mulai membesut City pada 1 Juli 2016, setelah masa jabatannya di Bayern Muenchen berakhir. Selama di Bayern, dia sukses meraih tiga gelar Bundesliga dan dua gelar DFB Pokal.

Keputusan merekrut Pep tidak terlepas dari keinginan pemilik agar The Citizens bisa meraih gelar Liga Champions untuk pertama kalinya.

Sebagai pelatih, Pep terbilang berpengalaman di Liga Champions. Hal tersebut tidak terlepas dari pencapaian pelatih asal Spanyol tersebut memberikan 2 trofi Si Kuping Besar bagi El Barca.

Namun, Carlo Ancelotti yang merupakan suksesor Pep di Bayern memandang bahwa Guardiola tidak hanya membawa lebih daripada trofi. Ancelotti menilai Pep akan mengembangkan permainan tiki-taka di City, sama halnya dengan yang dilakukannya di Barca dan Bayern.

"Setiap manajer membawa gaya permainan dan metodeloginya. Guardiola akan melakukan hal yang sama. Saat Guardiola meninggalkan Barcelona, orang-orang berkata, 'ah dia tidak bisa menerapkan gaya permainan yang sama di Bayern Muenchen karena dia tidak memiliki Messi'," kata Ancelotti.

"Namun pada akhirnya, Bayern menerapkan gaya permainan yang sama di Barcelona. Pemain berbeda tetapi gaya permainannya sama. Hal yang sama bakal berlaku di Manchester City. Mereka akan menguasai bola dan mengontrol pertandingan. Untuk hal ini, Guardiola adalah pelatih yang fantastis karena dia mampu membangun identitas tim dengan sangat kuat," ucap pelatih asal Italia tersebut.

Kemampuan Pep membangun identitas tim menjadi alasan utama City merekrutnya.

"Dia bisa membangun identitas baru, gaya baru, dan kultur baru. Pada akhirnya, Manchester City adalah tim yang dihuni pemain muda. Bukan sebuah tim dengan tradisi seperti Manchester United atau Arsenal," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.