Kompas.com - 26/05/2016, 10:36 WIB
Duet kakak-beradik, Gary dan Phil Neville, di bangku cadangan Valencia. JOSE JORDAN/AFPDuet kakak-beradik, Gary dan Phil Neville, di bangku cadangan Valencia.
EditorJalu Wisnu Wirajati

VALENCIA, KOMPAS.com - Phil Neville akhirnya pergi dari Valencia. Dia pergi karena enggan kembali berstatus sebagai asisten pelatih.

Andai bertahan, Neville dipastikan hanya akan menjadi asisten pelatih di Los Che, julukan Valencia. Hal itu tak lepas dari kontrak baru yang diberikan manajemen kepada Pako Ayesteran.

Ayesteran pada awalnya hanya dikontrak sampai akhir musim. Namun, lantaran tim tampil lebih baik di bawah dia ketimbang saat dilatih Gary Neville, kakak Phil, manajemen memberi kontrak baru.

Selasa (24/5/2016), Valencia memberikan kontrak baru selama dua tahun bagi mantan pelatih Maccabi Tel Aviv tersebut. Untuk Phil Neville, pilihan bertahan menjadi asisten tampaknya bukan merupakan keinginannya.

Pada Rabu (26/5/2016), mantan pemain Manchester United itu memutuskan untuk mengundurkan diri.

"Saya jelas berpikir, dengan pengangkatan Pako sebagai pelatih kepala secara permanen, saya akan pergi dan mencari peluang melatih klub lain," kata Neville seperti dikutip Reuters.

Phil Neville ingin merasakan menjadi pelatih kepala dan jalan ke sana sudah terbuka. Dia hampir mendapatkan lisensi profesional dalam beberapa pekan mendatang.

"Ini sepak bola. Harapan saya, pada masa datang ketika menjadi seorang pelatih, saya bisa merekrut staf sendiri," kata Neville.

"Anda harus melalui proses, melakukan semua pekerjaan, dan belajar tentang bagaimana menjadi seorang pelatih. Saya masih belajar, masih baru dalam hal pengalaman manajerial, tetapi dalam tiga tahun terakhir saya telah mengumpulkan banyak informasi," ucap mantan pemain Everton ini."

Phi Neville datang ke Valencia pada Juli 2015 untuk menjadi asisten Nuno Espirito Santos. Namun, pelatih asal Portugal itu kemudian digantikan oleh Gary Neville pada Desember 2015.

Selama empat bulan, Gary dianggap tak mampu mengangkat posisi Valencia di klasemen dan akhirnya dipecat dan digantikan Ayesteran. Namun, sang adik masih bertahan sebagai asisten hingga Valencia mengakhiri musim di peringkat ke-12.

Sebelum ke Valencia, Phil Neville adalah asisten David Moyes di Manchester United.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.