Major League Soccer "Serang" Kebijakan Antonio Conte

Kompas.com - 25/05/2016, 11:43 WIB
Salah satu ekspresi dari pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, pada laga persahabatan kontra Rumania di Stadion Renato Dall'Ara, Selasa (17/11/2015) waktu setempat. GIUSEPPE CACACE/AFPSalah satu ekspresi dari pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, pada laga persahabatan kontra Rumania di Stadion Renato Dall'Ara, Selasa (17/11/2015) waktu setempat.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Liga Sepak Bola Profesional Amerika Serikat, atau Major League Soccer (MLS), mengkritik kebijakan pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, yang tidak menyertakan Andrea Pirlo dan Sebastian Giovinco ke dalam skuadnya.

Saat merilis skuad Italia untuk Piala Eropa 2016, pada Selasa (24/5/2016), Conte melontarkan pernyataan yang cukup kontroversial terkait keputusan tak memasukkan nama Pirlo dan Giovinco.

Menurut Conte, Pirlo dan Giovinco tak dipanggil timnas lantaran berkarier di MLS, kompetisi yang dinilai Conte masih "kalah kelas" jika dibandingkan dengan sepak bola Eropa.

Pirlo, 37 tahun, menjalani karier di MLS bersama New York City FC. Adapun Giovinco yang berusia 29 tahun, memperkuat Toronto FC.

"Kami telah mengevaluasi Pirlo dan Giovinco. Jika memilih berkarier di sana (MLS), Anda harus membayar konsekuensinya dalam sepak bola," ucap Conte.


Sontak, hal itu mengundang reaksi keras dari pihak MLS. Melalui situs resminya, MLS "menyerang" kebijakan dan pernyataan Conte terkait penetapan skuad Italia.

"Ketika pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, membuat keputusan untuk meninggalkan Andrea Pirlo dan Sebastian Giovinco dari daftar skuad Piala Eropa 2016, itu murni merupakan evaluasi yang subjektif," demikian pernyataan MLS.

"Merujuk pada pernyataan Conte Selasa kemarin, yakni 'jika Anda memilih berkarier di sana, Anda harus membayar konsekuensinya dalam sepak bola', itu merupakan hal bodoh dan serampangan."

Meskipun Pirlo dan Giovinco sudah tak berkarier di Eropa, MLS menilai keduanya masih layak masuk timnas. Terlebih, Giovinco telah meraih berbagai penghargaan di MLS, salah satunya MLS MVP 2015 atau Pemain Terbaik MLS 2015.


Sebenarnya, Pirlo dan Giovinco merupakan anak asuh Conte saat mereka masih di Juventus. Ketiganya sukses membawa Juventus merengkuh sejumlah gelar domestik.

Sepanjang kariernya, Pirlo tercatat telah mencatatkan 116 penampilan dan 13 gol di timnas. Sementara itu, Giovinco menorehkan 23 pertandingan dengan mencetak satu gol.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X