Daftar Wakil 10 Negara di Liga Champions dan Liga Europa Musim Depan

Kompas.com - 23/05/2016, 07:17 WIB
MICHAEL BUHOLZER/AFP/ Sevilla berhasil menjuarai Liga Europa 2015-2016 seusai menang 3-1 atas Liverpool di Stadion St. Jakob Park, Rabu (18/5/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Kegagalan pada final turnamen di negaranya membuat sejumlah klub harus gigit jari karena tak bisa melangkah ke kompetisi antarklub Eropa. Hal itu lantaran tak ada laga kelebihan yang didapat tim "pecundang" di final.

Sebelumnya, tim yang kalah pada final turnamen bisa melangkah ke Liga Europa andai tim juara telah memastikan lolos ke Liga Champion. Namun, tahun ini, kemudahan itu tak berlaku.

Kenahasan didapatkan AC Milan. Seusai gagal di final Coppa Italia karena kalah 0-1 dari Juventus, Sabtu (21/5/2016), AC Milan dipastikan tak berhak ke Liga Europa.

Sassuolo yang finis di peringkat ke-6 Serie A pun mendapatkan garansi tampil di Liga Europa musim depan. Prestasi anak-anak asuhan Eusebio Di Francesco itu memang lebih baik satu anak tangga dibandingkan AC Milan.

"Kami pantas melangkah ke Liga Europa. Kami senang bisa memulai musim lebih dini karena berlaga di kualifikasi," kata Di Francesco seperti dilansir Football Italia, Sabtu (21/5/2016).

Hal yang sama dialami Crystal Palace. Kendati Manchester United sudah berhak atas tiket ke Liga Europa lewat posisi ke-5 di klasemen akhir Premier League, tetap saja jatah tiket via Piala FA tak diberikan kepada Palace.

Juara Final Piala FA: Crystal Palace 1-2 Manchester United

 

Dua tim di bawah Manchester United, West Ham United dan Southampton menjadi wakil tambahan Inggris di Liga Europa. Mereka mendapatkan tiket "buangan" Liga Europa dari hasil Piala Liga dan Piala FA.

Pada Februari lalu, Manchester City tampil menjadi juara Piala Liga dengan mengalahkan Liverpool lewat adu penalti. Lantaran City melangkah ke kualifikasi Liga Champions, jatah tiket ke Liga Europa diberikan ke tim lain dari posisi klasemen akhir.

Nasib nahas juga dialami Dnipro Dnipropetrovsk . Klub peringkat ketiga Liga Premier Ukraina itu tak berhak tampil di Liga Europa karena tengah disanksi oleh UEFA terkait permasalahan administrasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X