Man United Raih Trofi Pertama sejak Ferguson Pensiun

Kompas.com - 22/05/2016, 02:15 WIB
Jesse Lingard (kanan) merayakan gol Manchester United ke gawang Crystal Palace pada final Piala FA di Stadion Wembley, 22 Mei 2016. Adrian DENNIS/AFPJesse Lingard (kanan) merayakan gol Manchester United ke gawang Crystal Palace pada final Piala FA di Stadion Wembley, 22 Mei 2016.
|
EditorAnju Christian

LONDON, KOMPAS.com - Manchester United menjuarai Piala FA 2015-2016 setelah menang 2-1 atas Crystal Palace pada final di Stadion Wembley, Sabtu (21/5/2016). Gol penentu dicetak oleh Jesse Lingard pada babak tambahan.

Bagi Man United, gelar ini menjadi yang pertama sejak Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun pada 2013. Piala FA juga menjadi ajang pertama yang direngkuh tim asuhan Ferguson pada 1990. Ketika itu, mereka juga mengalahkan Palace.

Man United menebar cukup banyak ancaman, tetapi terlihat tidak efektif. Menurut rekaman FA, hanya tiga dari 24 tembakan mereka menemui sasaran. Bandingkan dengan enam tembakan sasaran dari 14 usaha yang dilepaskan lawan.

Semua peluang yang terjadi pada babak pertama mampu dimentahkan berkat penampilan solid dari lini belakang kedua tim. Wayne Hennessey sempat menepis bola tembakan Juan Mata pada menit ke-22, sedangkan Wayne Rooney memotong penetrasi Wilfried Zaha 13 menit berselang.

Dengan begitu, Man United mengulang final edisi 2005 dan 2007. Dalam babak pertama dua partai itu, klub berjulukan Setan Merah juga gagal mencetak gol.

Man United baru memberikan ancaman berarti saat paruh kedua berlangsung delapan menit. Kali ini, Marouane Fellaini melepaskan tembakan keras dari luar kotak, tetapi bola membentur tiang gawang.

Intensitas serangan kedua tim semakin menanjak setelah dua pergantian pemain pada menit ke-72. Louis van Gaal memasukkan Ashley Young, sedangkan Alan Pardew menurunkan Jason Puncheon.

Berkat nama terakhir, Palace membuka skor pada menit ke-78. Setelah menerima umpan lambung dari Joel Ward, Puncheon melakukan kontrol bola dan melancarkan tembakan keras ke sudut sempit.

Gol ini menyentak Man United, yang menyamakan kedudukan lewat Juan Mata tiga menit setelahnya. Bola dipantulkan dengan dada oleh Fellaini, lalu disambut dengan tembakan kaki kiri Juan Mata hingga menggetarkan gawang Palace.

Baik Palace maupun Man United gagal mencetak gol kedua hingga waktu normal berakhir. Alhasil, pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X