Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2016, 19:04 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber Telegraph

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Legenda Liverpool, Steven Gerrard, menilai bahwa titel Liga Europa bisa menjadi permulaan bagi mantan klubnya untuk menapaki kesuksesan pada masa kepelatihan Juergen Klopp.

Liverpool tengah memasuki era baru di bawah asuhan Klopp. Pelatih asal Jerman tersebut menggantikan posisi Brendan Rodgers pada Oktober 2015.

Musim ini, Klopp sempat gagal membawa Liverpool meraih gelar Piala Liga Inggris. Mereka dikalahkan Manchester City pada laga pamungkas melalui drama adu penalti.

Meskipun demikian, Liverpool berkesempatan menyudahi musim ini dengan titel Liga Europa. Pada partai final di St Jakob Park, Basel, Rabu (18/5/2016) waktu setempat, Liverpool akan menghadapi Sevilla.

Gerrard pun meyakini bahwa gelar Liga Europa bisa menjadi titik awal Liverpool untuk menuai kesuksesan di bawah kepemimpinan Klopp.

"Memenangi laga final kontra Sevilla bisa menjadi sejarah bagi para pemain. Artinya, itu menjadi awal dalam era baru di bawah seorang pelatih besar," tulis Gerrard dalam kolomnya untuk The Telegraph.


Menurut Gerrard, para suporter Liverpool memiliki berharap besar kepada Klopp. Mereka menyimpan ekspektasi terkait peluang Liverpool era Klopp dalam merengkuh gelar juara.

Gerrard sendiri sempat menorehkan pengalaman indah bersama Liverpool di kancah turnamen Eropa. Ia pernah meraih Piala UEFA/Liga Europa (2001), Piala Super Eropa (2001), dan Liga Champions (2005).

Liverpool terakhir kali menjuarai Piala UEFA/Liga Europa pada 2001. Pada laga final, mereka menaklukkan wakil dari Spanyol, Deportivo Alaves, dengan kedudukan 5-4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com