Kompas.com - 18/05/2016, 12:47 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

BASEL, KOMPAS.com - Wasit final Liga Europa 2015-2016, Jonas Eriksson, ternyata punya rekor memimpin pertandingan yang tak berpihak kepada salah satu finalis, Liverpool.

The Reds, julukan Liverpool, akan berhadapan dengan Sevilla di Stadion St. Jakob Park, Swiss, Rabu (18/5/2016) malam atau Kamis dini hari WIB. Laga ini akan dipimpin oleh wasit asal Swedia, Eriksson.

Musim ini, Eriksson sudah enam kali memimpin pertandingan kompetisi antarklub Eropa, empat di Liga Champions dan dua di Liga Europa.

Salah satu pertandingan yang dipimpin Eriksson melibatkan Sevilla. Pada laga yang dipimpin Eriksson di fase grup Liga Champions menghadapi Juventus, September lalu, Sevilla kalah 0-2.

Akan tetapi, berbicara secara rekor keseluruhan, Liverpool sama sekali belum pernah menang ketika menjalani pertandingan yang dipimpin oleh Eriksson.

Berdasar Transfermarkt, The Reds sudah dua kali kalah ketika memainkan laga dengan Eriksson sebagai pengadil. Pertama, mereka kalah 1-2 dari Benfica di perempat final Liga Europa pada 1 April 2010.

Kedua, mereka kalah 0-1 dari FC Basel pada pertandingan Grup B Liga Champions, 1 Oktober 2014. Laga melawan Basel ini menggunakan stadion yang sama dengan gelaran final Liga Europa malam nanti.

Berbeda dengan Sevilla. Klub asal Andalusia itu pernah menang sekali ketika Eriksson memimpin pada laga versus Rangers pada 29 September 2009. Ketika itu, Sevilla menang 4-1 di kandang Rangers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.