Kompas.com - 18/05/2016, 10:43 WIB
|
EditorAnju Christian

BASEL, KOMPAS.com - Sevilla akan mengenakan kostum putih pada final Liga Europa di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Rabu (18/5/2016). Adapun Liverpool bakal menggunakan seragam kebanggan berwarna merah.

Menilik warna seragam, gelar juara condong ke Sevilla. Tengok saja peruntungan tim berkostum putih pada partai puncak yang digelar di stadion tersebut.

St. Jakob-Park atau dulu dikenal dengan nama St. Jakob Stadium sudah menggelar empat partai final Piala Winners, yaitu edisi 1969, 1975, 1979 dan 1984.

Dengan seragam berwarna putih, Slovan Bratislava mengalahkan Barcelona pada 1969. Begitu pula Dynamo Kyiv, yang menang 3-0 atas Ferencvárosi TC pada 1975.

Hanya satu kali tim berkostum putih menelan kekalahan pada partai final di St. Jakob-Park, yaitu Fortuna Dusseldorf pada 1979. Mereka takluk 3-4 dari Barcelona melalui babak extra time.

Perlu dicatat pula, belum ada tim berkostum merah memenangi final kompetisi antarklub Eropa di stadion berkapasitas 38.512 ini.

Menariknya, Sevilla tidak selalu menggunakan kostum putih ketika menjuarai Piala UEFA atau Liga Europa. Mereka justru mengenakan seragam berwarna merah pada final 2007 dan 2015.

Di sisi lain, kostum merah membalut para pemain Liverpool ketika menjuarai edisi 1972, 1976, dan 2001. Dua gelar pertama diraih klub berjulukan The Reds dengan melakoni format kandang tandang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.