Kompas.com - 12/05/2016, 11:37 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Permainan Barcelona identik dengan penguasaan bola dan operan dari kaki ke kaki. Namun, pemain La Blaugrana, julukan Barcelona, tidak ada di daftar teratas untuk jumlah operan di La Liga.

Predikat tersebut justru disandang gelandang Real Madrid, Toni Kroos. Berdasarkan rekaman Whoscored, pemain berkebangsaan Jerman ini melepaskan 2.362 operan dalam 31 pertandingan kompetisi kasta teratas Spanyol.

Pesaing terdekat adalah gelandang Rayo Vallecano, Roberto Trashorras. Pemain berusia 35 tahun ini melancarkan 2.579 operan dalam 35 partai.

Barcelona baru mengirimkan Sergio Busquets di posisi ketiga dengan 2.358 operan dari 32 laga. Dia unggul 260 operan dari Luca Modric yang cuma menjalani 31 laga.

Untuk akurasi, duo Madrid lebih unggul. Kroos dan Modric mampu mencatat operan akurat di atas 90 persen, sedangkan Busquets "cuma" 89,9 persen.

Beda hal dengan umpan kunci atau operan yang berujung peluang menembak untuk rekan setim. Untuk aspek ini, pemain depan Barcelona, Neymar, berada di urutan teratas dengan jumlah 99.

Hanya, Neymar masih kalah efektif dari rekan setimnya, Lionel Messi. Dengan jumlah umpan kunci yang lebih sedikit, yaitu 73, Messi mampu menciptakan 16 assist. Adapun Neymar cuma menyumbang 11 assist.

Pelayanan Messi dan Neymar turut menguntungkan Luis Suarez, yang kini bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak.

Suarez kini mengoleksi 37 gol dari 34 pertandingan di kompetisi kasta teratas Spanyol. Sembilan gol di antaranya berasal dari assist Messi, sedangkan enam dari Neymar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Whoscored
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.