BOPI Restui Penyelenggaraan TSC

Kompas.com - 27/04/2016, 16:03 WIB
Direktur PT GTS, Joko Driyono. VERDI HENDRAWAN/JUARA.NETDirektur PT GTS, Joko Driyono.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan restu tertulis untuk penyelenggaraan Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) A dan B.

Hal ini dikonfirmasi setelah pertemuan antara BOPI dan PT Gelora Trisula Semesta (GST) di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (27/4/2016).

BOPI diwakili oleh ketua, Noor Aman, sedangkan GTS mengirimkan Direktur Utama Joko Driyono. Kedua belah pihak turut menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

"Jadi, keinginan GTS dan BOPI sama, yakni mengawal agar acara ini terimplementasi sebaik-baiknya. Ini bukan pekerjaan mudah. Gerbangnya adalah MoU antara kami dan BOPI," kata Direktur Utama PT GTS Joko Driyono.

Adapun menurut Noor Aman, isi MoU tidak berbeda dengan rekomendasi BOPI sebelumnya. Mereka menilai, kompetisi TSC belum layak berlangsung karena beberapa hal.

Akan tetapi, BOPI terpaksa memberikan restu tanpa menerbitkan rekomendasi lantaran Presiden Joko Widodo meminta TSC berjalan sesuai jadwal.

Secara umum, ada tiga poin yang disepakati dalam MoU itu. Poin pertama adalah aspek keolahragaan yang terfokus pada pengawasan, pelaksanaan, dan proteksi terhadap integritas sepak bola.

Poin kedua menyangkut aspek bisnis, yang terfokus pada pengawasan dan pelaksanaan sistem audit berkala dari GTS dan klub-klub peserta kompetisi.

Poin terakhir adalah pendampingan dalam hubungan kelembagaan antara GTS dan instansi pemerintah terkait, termasuk bidang imigrasi, tenaga kerja, keamanan, pariwisata, dan pendidikan.

Nota kesepakatan itu menggantikan surat rekomendasi yang bisa dibawa GTS untuk mengajukan izin keamanan dari kepolisian.

"BOPI tidak ikut mengatur hal-hal yang bersifat teknis. Ada batas-batasannya," tutur Noor Aman. (Kukuh Wahyudi)

Kompas TV Persipura Wajibkan Menang atas Persija

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X