Mengapa Pele Ingin Cabut Keputusan Pensiun?

Kompas.com - 15/04/2016, 07:32 WIB
Legenda sepak bola Brasil, Pele, dalam acara peluncuran biografi terbarunya VANESSA CARVALHO / BRAZIL PHOTO PRESS / AFPLegenda sepak bola Brasil, Pele, dalam acara peluncuran biografi terbarunya "1283", di Museum of Image and Sound (MIS), in Sao Paulo, Brasil, Rabu (16/9/2013). "1283" merepresentasikan jumlah gol yang ia cetak sepanjang kariernya.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Legenda sepak bola Brasil, Pele, melontarkan kelakar soal kemungkinan dirinya kembali dari masa pensiun. Pria berusia 75 tahun ini ingin membela tim nasional Brasil pada Olimpiade 2016.

Maklum, medali emas Olimpiade belum pernah diraih Brasil. Selecao sempat mencapai final edisi 1984, 1988, dan 2012, tetapi selalu kalah.

Ada penyesalan dalam diri Pele. Sebab, dia tidak pernah membela Brasil di ajang tersebut. Padahal, Pele mampu menyumbang tiga trofi Piala Dunia untuk Selecao.

"Olimpiade adalah satu-satunya turnamen yang belum pernah saya cicipi. Sebab, pemain profesional dilarang tampil di Olimpiade saat itu," ucap Pele.

International Olympic Committee baru mengubah regulasi tersebut pada 1984. Setiap peserta boleh mencantumkan tiga pemain senior dan sisanya berusia di bawah 23 tahun.

Akan tetapi, Pele terlanjur memutuskan gantung sepatu ketika peraturan diubah. Dia pun mengaku ingin "turun gunung" pada Olimpiade tahun ini.

"Saya akan menyiapkan diri untuk bermain di Olimpiade. Mungkin, saya akan memenangi kejuaraan ini untuk Brasil," tutur dia.

Brasil tidak cuma melakoni Olimpiade pada musim panas tahun ini, tetapi juga Copa America. Olimpiade digelar dari 3 Agustus sampai 20 Agustus 2016, sedangkan Copa America berlangsung sejak 3 Juni hingga 26 Juni 2016.

Ada wacana, pelatih Carlos Dunga hanya menyertakan Neymar untuk ajang Olimpiade. Sebab, sang kapten Selecao dianggap terlalu banyak menjalani pertandingan pada musim 2015-2016.

Juara 5 Gol Terbaik Pekan Ke-33 Premier League

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X