Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atletico Singkirkan Barcelona, Tren 24 Musim Berlanjut

Kompas.com - 14/04/2016, 03:57 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Atletico Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions usai menyingkirkan sang juara bertahan, FC Barcelona. Pada laga di Vicente Calderon, Rabu (13/4/2016) atau Kamis dini hari WIB, Atletico menang 2-0.

Antoine Griezmann menjadi bintang kemenangan tim berjulukan Los Rojiblancos. Penyerang asal Perancis ini memborong gol timnya, sehingga mereka unggul agregat 3-2. Pada laga pertama di Camp Nou pekan lalu, Atletico kalah 1-2.

Hasil ini pun meneruskan sejarah bahwa belum ada tim yang bisa mempertahankan gelar sejak kompetisi ini berganti nama menjadi Liga Champions. Tren ini sudah berlangsung selama 24 tahun.


Seperti biasa, Barcelona mendominasi pertandingan. Berdasarkan statistik Liverscore, pada paruh pertama The Catalans melakukan penguasaan bola sebesar 72 persen!

Namun, Atletico yang berhasil mencetak gol pada menit ke-36, melalui sundulan pemain asal Prancis, Antoine Griezmann. Sundulannya menyambut umpan Saul Niguez dari sisi kanan tak mampu dibendung Marc ter Stegen.

Gol ini melanjutkan tren Atletico, yang selalu lebih dulu mencetak gol pada pertandingan Liga Champions musim ini. Artinya, gol Griezmann ke gawang Barcelona pada laga ini membuat Atletico untuk ketujuh kalinya selalu lebih dulu membuka gol -- tiga pertandingan lainnya berakhir tanpa gol. Ini pun menjadi gol ke-10 Griezmann dalam 12 laga untuk klub dan negaranya.

Setelah itu, Barca mencoba untuk bangkit. Tetapi sungguh ironis, dominasi mereka tak berbanding lurus dengan ancaman yang diberikan. Bahkan, statistik Opta menunjukkan bahwa pasukan Luis Enrique hanya membuat satu sentuhan di dalam kotak penalti Atletico. Alhasil, skor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, Barca kembali mendominasi laga untuk mencetak gol penyama. Alih-alih membobol gawang tuan rumah, sang juara bertahan justru harus menerima kenyataan pahit ketika Atletico mendapat hadiah penalti pada menit ke-87.

Peluang ini diawali oleh serangan balik cepat yang dibangun pasukan Atletico. Andres Iniesta, yang berada di dalam kotak penalti, terpaksa menahan bola dengan tangannya ketika Felipe Luis memberikan umpan silang kepada Griezmann. Alhasil, kartu kuning diterima kapten Barca tersebut plus hukuman penalti. Griezmann dengan sempurna mengeksekusinya untuk membuat Atletico unggul 2-0 dan dia menjadi pemain Prancis pertama yang membuat dua gol melawan Barca di ajang Liga Champions.

Saat injury time, Barca memiliki peluang terbaik melalui tendangan bebas, menyusul pelanggaran handball kapten Atletico, Koke. Keputusan wasit agak kontroversial, karena berdasarkan tayangan ulang, pelanggaran ini terjadi di dalam kotak penalti sehingga Barca seharusnya mendapat hukuman tendangan 11 meter. Sayang, Messi tak mengeksekusinya dengan sempurna karena bola tendangan kaki kirinya melayang di atas mistar gawang Jan Oblak.

Alhasil, skor 2-0 untuk tuan rumah tak berubah hingga laga usai. Atletico pun mengakhiri mimpi Barca membuat treble musim ini, sekaligus gagal mempertahankan gelar Liga Champions.

Atletico Madrid vs Barcelona: 2-0 (Antione Griezmann 36', 90')

Susunan pemain:

ATLETICO MADRID: 13-Jan Oblak, 20-Juanfran Torres, 30-Filipe Luis, 2-Diego Godin, 19-Lucas Hernandez, 14-Gabi, 12-Augusto Fernandez (Stefan Savi? 90'), 17-Saul Niguez, 6-Jorge Koke, 21-Yannick-Ferreira Carrasco (Thomas Teye Partey 74'), 7-Antione Griezmann (Ángel Martín Correa 90').

Pelatih: Diego Simeone.

BARCELONA: 1-Marc ter Stegen, 6-Daniel Alves (Sergi Roberto Carnicer 65'), 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 14-Javier Mascherano, 8-Andres Iniesta, 4-Ivan Rakitic (Arda Turan 64'), 5-Sergio Busquets, 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 11-Neymar Junior.

Pelatih: Luis Enrique.

Wasit: Nicola Rizzoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com