Ronaldo Fantastis, Real Madrid Lolos dari Lubang Jarum

Kompas.com - 13/04/2016, 03:56 WIB
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Wolfsburg pada leg kedua babak perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Selasa (12/4/2016). JAVIER SORIANO/AFPPenyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Wolfsburg pada leg kedua babak perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Selasa (12/4/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid melakukan comeback yang gemilang ketika melakoni leg kedua perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Selasa (12/4/2016) atau Rabu dini hari WIB. Berkat hat-trick Cristiano Ronaldo, Real Madrid menang 3-0, sehingga mereka berhak maju ke semifinal.

Ya, tim berjulukan Los Blancos ini berhak melangkah ke babak empat besar karena unggul agregat 3-2, meski sempat berada di lubang jarum akibat kekalahan 0-2 pada leg pertama. Dengan demikian, Ronaldo dan kawan-kawan tetap menjaga asa meraih gelar ke-11 alias undecima kompetisi paling elite antarklub Eropa ini.

Defisit dua gol akibat kalah pada leg pertama di markas Wolfsburg pekan lalu membuat Real Madrid, yang kali ini tampil dengan kekuatan terbaik setelah Karim Benzema kembali, bermain agresif sejak kick-off. Tak ayal, pasukan Zinedine Zidane mengurung pertahanan lawan sehingga dua gol langsung tercipta hanya dalam tempo dua menit oleh Cristiano Ronaldo.

Gol pembuka El Real di hadapan Madridista itu dihasilkan pada menit ke-15 melalui sontekan Ronaldo memanfaatkan umpan Daniel Carvajal dari sisi kiri pertahanan Wolfsburg. Dua pemain bertahan tim tamu, Nalod dan Dante, gagal menghalau bola sodoran bek kanan internasional Spanyol tersebut, sehingga Ronaldo dengan mudah menaklukkan kiper Diego Benaglio.

Dua menit berselang, lagi-lagi Ronaldo membuat publik Bernabeu bersorak. Kali ini bola sundulan mantan pemain Manchester United tersebut menyambut umpan Toni Kroos bersarang di pojok kiri bawah gawang Benaglio. Ini adalah gol ke-33 Ronaldo dalam 36 pertandingan knock-out Liga Champions atau gol ke-15 pada Liga Champions musim ini. Fantastis!

 

 

Tertinggal 0-2, yang membuat agregat imbang 2-2, Wolfsburg berusaha keluar dari tekanan. Pada 10 menit terakhir, pasukan Dieter Hecking mencoba memberikan ancaman dan peluang diperoleh melalui tendangan keras Luiz Gustavo pada menit ke-34. Tetapi Keylor Navas sangat sigap menepis si kulit bundar sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Pada babak kedua, Real Madrid tetap memegang kendali permainan. Peluang bagus diperoleh pada menit ke-67 ketika Sergio Ramos menyundul umpan tendangan pojok yang dilepaskan Kroos. Sayang, bola bisa dihalau Benaglio.

Gol ketiga berhasil diraih Real Madrid pada menit ke-77, lagi-lagi melalui Ronaldo. Kali ini, pemain asal Portugal tersebut membobol gawang Wolfsburg melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti, menyusul pelanggaran Luiz Gustavo terhadap Luka Modric. Meski tak terlalu keras, bola tendangan Ronaldo yang melewati pagar hidup Wolfsburg dan mengarah ke sisi kiri gawang, terlalu jauh dari jangkauan Benaglio. Ini gol ke-93 Ronaldo pada kompetisi Eropa, sekaligus hat-trick kelima dalam sejarah Liga Champions (menyamai prestasi bintang FC Barcelona, Lionel Messi).

Ini merupakan gol terakhir dalam laga tersebut, sehingga skor 3-0 tak berubah. Dengan demikian, Real Madrid yang berhak melangkah ke semifinal untuk tetap menjaga asa meraih gelar ke-11 alias undecima kompetisi paling bergengsi di benua Eropa tersebut. Real Madrid lolos dengan agregat 3-2.

Real Madrid vs Wolfsburg: 3-0 (Cristiano Ronaldo 15', 17', 77')

Susunan pemain

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Pepe, Sergio Ramos, Marcelo, Daniel Carvajal; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (Raphaël Varane 90'); Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Jese Rodríguez 84'), Gareth Bale.
Pelatih: Zinedine Zidane

Wolfsburg (4-2-3-1): Diego Benaglio; Vieirinha, Dante, Naldo, Ricardo Rodriguez; Julian Draxler (Max Kruse 32'), Bruno Henrique (Daniel Caligiuri 72'); Luiz Gustavo, Joshua Guilavogui (Bas Dost 80'), Maximilian Arnold; Andre Schuerrle.
Pelatih: Dieter Hecking

Wasit: Viktor Kassai (Hungaria)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X