Kompas.com - 08/04/2016, 13:56 WIB
|
EditorAnju Christian

DORTMUND, KOMPAS.com - Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengaku bersalah terkait gol Borussia Dortmund pada perempat final pertama Liga Europa di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (7/4/2016).

Pada menit ke-48, Mats Hummels memenangi duel udara dengan Adam Lallana dan menanduk bola ke gawang. Ini merupakan gol kelima Dortmund yang berawal dari sepak pojok pada Liga Europa.

Menurut Klopp, gol Hummels sebenarnya bisa dihindari dengan menempatkan pemain dengan postur setara sebagai penjaga. Hummels memiliki tinggi 1,91 meter, sedangkan Lallana cuma 1,72 meter.

"Sebuah kesalahan untuk kami semua. Saya memutuskan untuk menempatkan Adam Lallana ketimbang Adam Lallana di area tersebut," kata Klopp setelah pertandingan.

"Saya meminta maaf oleh karenanya," tutur pria berkebangsaan Jerman tersebut.

Blunder tidak cuma dilakukan oleh Klopp, tetapi juga Hummels saat Liverpool mencetak gol pembuka pada menit ke-36.

Ketika itu, Divock Origi melakukan tembakan dari daerah yang seharusnya dijaga oleh Hummels. Namun, tugas pengawalan justru diambil alih Marcel Schmelzer yang beroperasi sebagai bek kiri.

"Gol terjadi terlalu mudah. Saya tidak seharusnya meninggalkan area tersebut. Saya pikir situasi sudah cukup aman, tetapi ternyata tidak," ucap Hummels.

Hasil 1-1 menguntungan Liverpool apabila menilik sejarah. The Reds sempat meraih 12 skor imbang ketika bertindak sebagai tim tamu terlebih dahulu di kompetisi antarklub Eropa, 11 di antaranya berujung tiket lolos untuk The Reds.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.