Kandidat Suksesor Antonio Conte di Timnas Italia

Kompas.com - 27/03/2016, 06:03 WIB
Pelatih Bologna, Roberto Donadoni, dikabarkan menjadi salah satu kandidat pengganti Antonio Conte di tim nasional Italia. GIUSEPPE CACACE/AFPPelatih Bologna, Roberto Donadoni, dikabarkan menjadi salah satu kandidat pengganti Antonio Conte di tim nasional Italia.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Gelandang lincah Italia, Emanuele Giaccherini (30), tak ragu menyebut pelatihnya di Bologna, Roberto Donadoni (52), sebagai sosok yang pantas menggantikan posisi Antonio Conte di tim nasional.

Conte dipastikan melepas jabatannya sebagai juru taktik timnas Italia seusai turnamen Piala Eropa 2016. Dari kabar yang berkembang, pria berusia 46 tahun itu bakal bergabung dengan klub anggota Premier League, Chelsea.

Teka-teki mengenai suksesor Conte di timnas pun mulai bermunculan. Nama pelatih Internazionale Milan, Roberto Mancini, sempat dirumorkan menjadi salah satu kandidat pengganti Conte.

Selain itu, mantan pelatih Real Madrid dan Inggris, Fabio Capello, juga santer diperbincangkan sebagai calon kuat pelatih Azzurri - julukan timnas Italia.

Namun, bagi Giaccherini, bukan Mancini atau Capello yang cocok menangani timnas. Giaccherini menyatakan bahwa sosok yang layak menggantikan Conte adalah Donadoni.

ilrestodelcarlino.it Emanuele Giaccherini bersalaman dengan Roberto Donadoni dalam sebuah laga Serie A musim 2015-2016.

"Masa depan Donadoni bukanlah urusan saya, karena dia sendiri yang akan memutuskannya. Namun, saya tentu menilai Donadoni sebagai pelatih yang cocok untuk timnas," kata Giaccherini seperti dikutip dari Football Italia, Sabtu (26/3/2016).

Sebenarnya Donadoni bukanlah orang baru di jajaran kepelatihan timnas. Setelah Marcelo Lippi mengundurkan diri pada 2006, Donadoni ditunjuk sebagai penggantinya.

Akan tetapi, karier Donadoni sebagai pelatih timnas hanya bertahan hingga 2008. Di bawah kepemimpinan eks pemain AC Milan itu, Italia dinilai mengalami penurunan, khususnya pada Piala Eropa 2008. Alhasil, kontrak Donadoni pun diputus.

Kendati demikian, belakangan ini, nama Donadoni kembali mencuat sebagai kandidat pelatih timnas. Hal itu tak terlepas dari kiprahnya yang cukup baik selama melatih Bologna sejak Oktober 2015.

Musim ini, Bologna menjadi tim kejutan yang sanggup menyulitkan sejumlah tim papan atas Serie A. Klub seperti Juventus, AC Milan, AS Roma, dan Napoli sudah merasakan ganasnya permainan Bologna.

Kini, Bologna menduduki peringkat ke-10 dengan perolehan 36 poin. Pencapaian ini terbilang bagus mengingat status mereka musim ini sebagai klub promosi dari Serie B.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X