Guardiola: Sebelum Kenal Cruyff, Saya Tak Paham Sepak Bola

Kompas.com - 26/03/2016, 06:33 WIB
Pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola. AFP PHOTO / ODD ANDERSENPelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MUENCHEN, KOMPAS.com - Pelatih Bayern Muenchen, Josep "Pep" Guardiola, turut berduka atas meninggalnya legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. Guardiola mengaku dirinya banyak mempelajari sepak bola dari sosok Cruyff.

Cruyff mengembuskan napas terakhir pada Kamis (24/3/2016). Dia meninggal pada usia 68 tahun setelah cukup lama menderita penyakit kanker paru-paru.

Saat masih menjadi pemain, Cruyff sempat bergabung dengan Barcelona. Namun, karier Cruyff di klub Catalan tersebut lebih cemerlang ketika dirinya menjabat sebagai pelatih pada 1988-1996.

Saat menangani Barcelona, Cruyff berjasa mengantarkan Barcelona meraih berbagai gelar, di antaranya empat kali juara La Liga, satu Piala Champions, satu Copa del Rey, dan satu Piala Super Eropa.

Tak hanya itu, Cruyff pun menerapkan teknik permainan Total Football terhadap skuad Barcelona. Salah satu pemain yang diorbitkan Cruyff pada saat melatih adalah Guardiola.

sportskeeda.com Guardiola sedang mendengarkan instruksi dari Johan Cruyff, saat keduanya masih berada di Barcelona.

"Saya tak mengerti soal sepak bola sebelum mengenal Cruyff," ujar Guardiola kepada salah satu radio di Spanyol, Jumat (25/3/2016).

"Dia membekali kami banyak hal. Kami semua mengikuti instruksinya. Cruyff membantu kami memahami sepak bola.Dia mendorong Anda untuk memercayai insting Anda sendiri untuk menentukan keputusan," ucapnya.

Selain Guardiola, pemain-pemain yang menjadi bagian Tim Impian Cruyff di Barcelona antara lain Ronald Koeman, Michael Laudrup, Romario, Gheorghe Hagi, dan Hristo Stoichkov.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fox Sports
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X