Kompas.com - 24/03/2016, 08:33 WIB
Pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte. TOFIK BABAYEV / AFPPelatih tim nasional Italia, Antonio Conte.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

UDINE, KOMPAS.com - Antonio Conte merasa kecewa karena Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) gagal merealisasikan janji untuk menggelar pemusatan latihan tim nasional pada Februari 2016. Hal ini menjadi salah satu alasan Conte memutuskan hengkang.

Bukan rahasia lagi, Conte ingin menerapkan interaksi intensif dengan skuadnya. Atas dasar itu, dia meminta waktu untuk pemusatan latihan demi mempersolid tim menjelang Piala Eropa 2016.

FIGC telah menetapkan jadwal. Namun, klub-klub Serie A secara kompak menolak permintaan Conte. Maklum, ada beberapa tim yang memulai fase gugur kompetisi antarklub Eropa pada bulan tersebut.

"Mereka menjanjikan agar saya bisa bekerja lebih banyak saat melatih Italia. Saya tidak ingin menunjukkan rasa tidak respek. Namun, ada janji yang tidak terealisasi sehingga kami memutuskan melangkah ke depan," kata Conte pada jumpa pers di Udine, Rabu (23/3/2016).

Kekecewaan Conte tidak cuma dilatarbelakangi oleh kegagalan pemusatan latihan, tetapi juga jadwal final Coppa Italia.

Lega Calcio menetapkan 21 Mei 2016 sebagai waktu pelaksanaan partai puncak antara Juventus dan AC Milan. Padahal, Conte telah mengusulkan laga digelar lebih cepat agar pemain kedua tim bisa fokus untuk Piala Eropa.

Meski memiliki hubungan kurang harmonis dari sejumlah pemangku kepentingan, Conte tetap mengharapkan dukungan penuh pada turnamen di Perancis nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada Juni, seluruh Italia akan berada di belakang kami. Ini memberikan kekuatan untuk memangkas kesenjangan dengan tim-tim lain," tutur pria berusia 46 tahun ini.

Piala Eropa akan menjadi pengabdian terakhir Conte bersama tim nasional Italia. Setelah itu, dia dikabarkan akan berlabuh di Chelsea, tetapi belum ada konfirmasi resmi.

Juara 5 Gol Terbaik Pekan Ke-31
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.