Kompas.com - 23/03/2016, 19:45 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

BRUSSELS, KOMPAS.com - Ledakan bom yang mengguncang Kota Brussel memengaruhi jadwal uji coba tim nasional Belgia. Penundaan merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam kurun empat bulan terakhir. 

Awalnya Belgia dijadwalkan untuk melakoni pertandingan persahabatan melawan Portugal, Selasa (29/3/2016).

Penundaan tersebut terkait tragedi bom bunuh diri yang terjadi di Bandara Zaventem Brussels dan Stasiun Maalbeek, Selasa pagi waktu setempat.

Insiden di ibu kota Belgia tersebut setidaknya memakan 35 korban tewas dan puluhan luka-luka.

Asosiasi Sepak Bola Belgia (KBVB) mengatakan Pemerintah setempat meminta pertandingan timnas Belgia melawan Portugal tidak dilangsungkan karena alasan keamanan dan upaya pencegahan terhadap teror lanjutan.

Sebelumnya, timnas Belgia juga membatalkan sesi latihan karena alasan keamanan, Selasa (22/3/2016). Skuad asuhan Marc Wilmots enggan mengambil risiko dengan tetap menggelar latihan.

Timnas Belgia bukan kali pertama membatalkan jadwal pertandingan persahabatan sebagai buntut tragedi ledakan. Tragedi yang dimaksud adalah serangkaian serangan di Paris pada 13 November 2015.

Insiden tersebut terjadi di saat pertandingan persahabatan timnas Prancis melawan Jerman bergulir. Laga tersebut tetap diselesaikan dan Prancis menang 2-0 meski terjadi ledakan bom Kota Paris, termasuk di luar Stade de France.

Tak ingin mengambil risiko keamanan pertandingan antara timnas Belgia melawan Spanyol yang dijadwalkan bermain pada 17 November 2015 di Brussel akhirnya dibatalkan.

"Kehidupan seseorang jauh lebih berharga dari pada sebuah pertandingan sepak bola. Masih ada ribuan pertandingan yang dimainkan. Lebih satu atau kurang satu tidak akan membuat banyak perbedaan." ucap pelatih Belgia, Marc Wilmots pada November 2015. (Wisnu Nova) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.