Kompas.com - 23/03/2016, 14:46 WIB
Pemain Leicester City asal Jepang, Shinji Okazaki (2 dari kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Newcastle United pada pertandingan Premier League di King Power Stadium, Leicester, Senin (14/3/2016). PAUL ELLIS/AFPPemain Leicester City asal Jepang, Shinji Okazaki (2 dari kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Newcastle United pada pertandingan Premier League di King Power Stadium, Leicester, Senin (14/3/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Claudio Ranieri sempat menjelaskan faktor eksternal di balik kesuksesan Leicester City pada Premier League 2015-2016. Menurut dia, tim asuhannya terbantu oleh performa melempem sejumlah tim besar.

"Tim-tim besar belum menyalakan mesin turbo dan semoga tidak melakukannya. Apabila mereka sudah menyalakannya, kami akan berada di papan tengah," kata Ranieri seperti dikutip Sky Sports, Minggu (20/3/2016).

Harapan arsitek berjulukan The Tinkerman itu terpenuhi. Hingga pekan ke-31, klub-klub raksasa masih sering membuang poin dalam perburuan gelar.

Alhasil, Leicester memuncaki klasemen dengan koleksi 66 poin dari 31 pertandingan. Mereka unggul lima poin atas Tottenham Hotspur dan sebelas angka atas Arsenal.

Susunan klasemen saat ini bukanlah pemandangan lazim, bahkan bisa disebut anomali. Dengan raupan poin serupa, Leicester dipastikan tidak akan bertengger di puncak. Sebagai catatan, tim-tim lainnya menunjukkan performa seperti sembilan musim sebelumnya.

Lantas, posisi berapa yang diduduki Leicester apabila anomali tidak terjadi?

2014-2015: Leicester City bertengger di posisi kedua dengan selisih tujuh poin dengan Chelsea, yang menduduki puncak.

2013-2014: Leicester hanya mampu menempati peringkat keempat. Di atas mereka, ada Manchester City, Chelsea, dan Liverpool.

2012-2013: Posisi kedua menjadi miliki Leicester City, tetapi ada selisih 12 angka dengan pemuncak klasemen, Manchester United.

2011-2012: Leicester cuma bertengger di peringkat ketiga dengan selisih sepuluh poin dengan Manchester United selaku pemuncak klasemen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X