Kompas.com - 18/03/2016, 06:15 WIB
Logo Liga Europa. UEFA.comLogo Liga Europa.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Usai sudah persaingan babak 16 besar Liga Europa. Delapan tim meraih tiket ke babak perempat final kompetisi kasta kedua Eropa ini, setelah melakoni leg kedua pada Kamis (17/3/2016) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Dari hasil tersebut, Spanyol meloloskan tiga wakil. Villarreal, Athletic Bilbao dan sang juara bertahan, Sevilla, berhasil menyingkirkan para pesaing mereka sehingga semakin dekat menuju tangga juara.

Villarreal, meskipun hanya bermain imbang tanpa gol dalam lawatannya ke markas wakil Jerman, Bayer Leverkusen, berhak lolos karena pada leg pertama di kandangnya, mereka menang 2-1. Sevilla memaksimalkan status sebagai tuan rumah dengan melibas Basel 3-0, setelah pada leg pertama pekan lalu mereka ditahan imbang 0-0.

Sementara itu Bilbao lolos karena agresivitas di kandang sesama tim Spanyol, Valencia. Padahal pada pertandingan leg kedua di kandang Sevilla, Bilbao menyerah 1-2. Beruntung bagi Bilbao, karena pada leg pertama pekan lalu di kandang sendiri mereka menang 1-0.

Lima tiket lainnya untuk melengkapi kuota delapan tim yang lolos ke perempat final, dibagi rata oleh klub dari lima negara berbeda.

Wakil Republik Ceska, Sparta Prague, menyingkirkan tim Italia, Lazio, setelah menang 3-0 di Olimpico, Roma. Hasil ini di luar dugaan karena pada leg pertama, Sparta Prague justru ditahan 1-1 di kandang sendiri.

Tim Ukraina, Shakhtar Donetsk, masih terlalu perkasa bagi wakil Belgia, Anderlecht. Setelah menang 3-1 pada leg pertama di kandangnya, Shakhtar kembali mendulang kemenangan 1-0 dalam lawatannya ke Anderlecht melalui gol Eduardo pada menit ke-90.

Dari Portugal, SC Braga mampu membalikkan skor sekaligus meraih tiket perempat final. Setelah kalah 0-1 ketika melawat ke markas wakil Turki, Fenerbahce, Braga mengamuk saat menjadi tuan rumah. Mereka melibas Fenerbahce 4-1 pada leg kedua sehingga lolos dengan agregat 4-2.

Inggris pun memiliki wakil yang lolos ke babak delapan besar. Liverpool berhak meraihnya setelah menang dalam duel sesama klub elite Premier League melawan Manchester United.

Setelah menang 2-0 di Anfield, tim berjulukan The Reds ini berhasil menahan imbang Manchester United 1-1 di Old Trafford. Ini membuat Liverpool tetap menjaga asa meraih gelar Liga Europa agar bisa tampil di Liga Champions pada musim depan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.