Mengapa Luis Enrique Cadangkan Suarez?

Kompas.com - 13/03/2016, 19:35 WIB
Penyerang Barcelona, Luis Suarez, tidak dimainkan saat timnya berhadapan dengan Getafe pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (12/3/2016). JAIME REINA/AFPPenyerang Barcelona, Luis Suarez, tidak dimainkan saat timnya berhadapan dengan Getafe pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (12/3/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BARCELONA, KOMPAS.com - Tak ada nama Luis Suarez di daftar pemain yang ditampilkan Barcelona FC saat menang 6-0 atas Getafe di Camp Nou, Sabtu (12/3/2016). Penyerang Uruguay itu disimpan oleh pelatih Luis Enrique di bangku cadangan.

Pertanyaan besar muncul ketika Enrique tak menurunkan Suarez, pemain peringkat kedua daftar pencetak gol terbanyak sementara La Liga musim ini.

Sang pelatih memilih memasang penyerang muda, Munir El Haddadi (20), guna menemani Lionel Messi dan Neymar di lini depan.

Keputusan Enrique pun dipertanyakan mengingat Suarez sedang bersaing ketat dengan Cristiano Ronaldo di daftar raja gol. Suarez mengoleksi 26 gol, kalah sebiji dari bintang Real Madrid tersebut.

"Satu-satunya kesalahan saya ialah tidak memberikan menit bermain kepada setiap orang, tetapi mereka semua berada dalam kondisi yang bagus," ucap Enrique kepada wartawan, seperti dikutip dari Football Espana.

Sang pelatih juga menegaskan dirinya tak bisa terus memeras tenaga sang bomber.

"Suarez telah bermain dalam 850.000 pertandingan. Saya memutuskan hal terbaik buat Luis dan tim adalah mengistirahatkannya," kata Enrique hiperbolis.

Meski dipertanyakan, keputusan Enrique terbukti ampuh. Tanpa Suarez, Barcelona tetap bisa berpesta enam gol berkat aksi bunuh diri pemain lawan, Juan Rodriguez, satu gol Munir, Messi, Arda Turan, serta dwigol Neymar.

Khusus bagi Neymar, Enrique memang bertujuan memanaskan mesin sang penyerang menjelang penampilan buat timnas Brasil.

Neymar cs akan menghadapi Uruguay (25/3/2016) dan Paraguay (29/3/2016) di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

"Dunga (pelatih timnas Brasil) dan saya memiliki tujuan yang sama, yakni mengeluarkan kemampuan terbaik Neymar dan pemain lain Barca," ucap Enrique.

Duel kontra Getafe pekan ini menjadi kali kedua Barcelona melakoni laga tanpa Suarez di La Liga 2015-2016.

Sebelumnya, sang bomber juga cuma duduk di bangku cadangan dalam duel kontra Levante (20/9/2015). Saat itu, Messi cs tetap menang telak 4-1.

Melihat dua kejadian tersebut, publik Camp Nou sepertinya memang tak usah khawatir menyikapi keputusan Enrique mencadangkan Suarez. (Beri Bagja)


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Juara.net
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X