Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diwarnai Kartu Merah Costa, Chelsea Disisihkan Everton

Kompas.com - 13/03/2016, 02:36 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Everton secara mengejutkan mampu lolos ke semifinal Piala FA setelah menekuk Chelsea 2-0, pada laga perempat final di Stadion Goodison Park, Sabtu (12/3/2016). Laga ini juga diwarnai kartu merah kepada Diego Costa dan Gareth Barry.

Dua gol Everton pada laga tersebut diciptakan oleh pemain yang dibeli dari Chelsea, Romelu Lukaku. Efektivitas menjadi kunci The Toffees memenangi pertandingan. 

Berdasarkan statistik thefa.com, pasukan Guus Hiddink unggul dalam penguasaan bola, yakni 57 persen berbanding 43 persen.

Namun, Everton mampu melepaskan 8 tembakan, yang empat di antaranya tepat sasaran. Adapun Chelsea tercatat hanya melakukan satu tendangan ke arah gawang dari lima percobaan.

Pada babak pertama tidak tercipta peluang yang berarti. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk menembus pertahanan lawannya masing-masing.

Pertandingan baru berjalan menarik saat memasuki babak kedua. Pada menit ke-58, Chelsea nyaris membuka keunggulan melalui sepakan Costa dari sudut sempit.

Namun, bola hasil tendangan pemain berkebangsaan Spanyol itu hanya melintas tipis di depan garis gawang.

Everton juga melancarkan serangan berbahaya. Hasilnya, pada menit ke-77, Everton sukses membobol gawang Chelsea melalui tendangan Lukaku.

Lukaku mencetak gol ke gawang mantan klubnya dengan memperdayai bek Chelsea, Azpilicueta, dan melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Thibaut Courtois.

Lima menit berselang, Lukaku kembali mencetak gol. Memanfaatkan umpan Ross Barkley, pemain asal Belgia tersebut menceploskan bola melewati sela-sela kaki Courtois. Skor berubah menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Pada menit ke-84, wasit Michael Oliver harus mengganjar kartu kuning kedua untuk Diego Costa setelah terlibat friksi dengan Gareth Barry.

Dari tayangan ulang, usai dilanggar, Costa terlihat mengejar dan menanduk Barry. Namun, ada dugaan dia mencoba menggigit Barry tetapi urung. 


Akan tetapi, tiga menit kemudian, Barry juga menerima kartu kuning kedua lantaran melakukan pelanggaran terhadap Cesc Fabregas.

Hingga akhir laga, kedudukan 2-0 untuk Everton tidak berubah. Everton pun melaju ke babak semifinal Piala FA yang akan digelar pada 23-24 April 2016. 

Everton 2-0 Chelsea (Romelu Lukaku 77', 82')

Everton: 1-Joel Robles; 6-Phil Jagielka, 25-Ramiro Funes Mori, 3-Leighton Baines, 23-Seamus Coleman; 18-Gareth Barry, 16-Jamie McCarthy; 15-Tom Cleverley, 20-Ross Barkley (17-Muhamed Besic 90'+2), 12-Aaron Lennon (5-John Stones 88'); 10-Romelu Lukaku (14-Omar Niasse 90'+4)
Pelatih: Roberto Martinez

Chelsea: 13-Thibaut Courtois; 24-Gary Cahill, 2-Branislav Ivanovic, 28-Cesar Azpilicueta, 16-Kenedy (26-John Terry 85'); 12-John Obi Mikel, 21-Nemanja Matic (18-Loic Remy 82'); 22-Willian (8-Oscar 73'), 4-Cesc Fabregas, 17-Pedro; 19-Diego Costa
Pelatih: Guus Hiddink

Wasit: Michael Oliver

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com