Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan di Liga Super China!

Kompas.com - 06/03/2016, 21:12 WIB
KOMPAS.com - Kejutan langsung hadir pada pekan pembuka Liga Super China 2016. Sang juara bertahan, Guangzhou Evergrande, harus mengakui keunggulan tim papan tengah musim lalu, Chongqing Lifan, dengan skor 1-2 pada Minggu (6/3/2016).

Apa yang membuat hasil tersebut terbilang mengejutkan? Ini karena Guangzhou menampilkan kekuatan penuh dengan para bintang berharga mahal, termasuk mantan penyerang Atletico Madrid, Jackson Martinez (29), yang menempati posisi kedua daftar transfer termahal di Asia.

Guangzhou merekrut bomber Kolombia itu dari Atletico dengan harga 42 juta euro atau setara sekitar Rp 600 miliar. Di Asia, uang transfer sebanyak itu hanya kalah dari rekor atas nama Alex Teixeira, yang dibeli Jiangsu Suning dari Shakhtar Donetsk senilai 50 juta euro.

Seperti dikutip dari Juara.net, selain Jackson, Guangzhou juga menurunkan bekas gelandang Tottenham, Paulinho, dan kiper Persebaya pada 2005, Zheng Cheng.

Jackson Martinez langsung menebus harga mahal dengan gol pada laga debut di Liga China. Ia meneruskan umpan sepak pojok Huang Bowen dengan tandukan keras yang menyeimbangkan kedudukan 1-1.

Baca juga:
Pindah ke China, Alex Teixeira Pecahkan Rekor Transfer Non-Eropa
Pindah ke Liga Super China, Martinez Pecahkan 2 Rekor

Sebelumnya, Chongqing memimpin via gol sepakan pemain Brasil, Fernandinho. Tetap saja gol Sang Manusia Rp 600 miliar tak mampu mengenyahkan Guangzhou dari kekalahan karena Chongqing bisa menambah gol lagi melalui aksi Fernandinho.

Kekalahan 1-2 pada pekan perdana merupakan sindiran telak bagi Guangzhou, yang dipoles mantan pelatih Chelsea dan timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Berbeda dari Guangzhou, investasi raksasa langsung membuahkan hasil positif di kubu pesaing mereka, Jiangsu Suning. Pengeluaran Jiangsu senilai 80 juta euro atau setara Rp 1,14 triliun guna membeli Alex Teixeira (50 juta euro) dan Ramires (30 juta) dibayar langsung oleh gol-gol mereka yang menelurkan kemenangan 3-0 atas Shandong Luneng, Sabtu (5/3/2016).

Alex menyumbang dua gol dan Ramires, eks pemain Chelsea, kebagian satu gol. Dengan kontribusi dua pemain mahal tersebut, Jiangsu memimpin klasemen Liga Super China pada pekan perdana.

Sementara itu, debutan top lain yang juga ikut mencetak gol ialah penyerang Hebei China Fortune yang direkrut dari AS Roma, Gervinho. Gol milik striker asal Pantai Gading tersebut menentukan kemenangan 2-1 timnya atas Guangzhou R&F.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com