Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Adu Penalti, Manchester City Juara Piala Liga Inggris 2015-2016

Kompas.com - 29/02/2016, 02:30 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Manchester City menjuarai Piala Liga Inggris 2015-2016 setelah mengalahkan Liverpool melalui adu penalti, pada laga final di Stadion Wembley, Minggu (28/2/2016). Pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1.

Gelar Piala Liga kali ini pun menjadi yang keempat bagi Manchester City. Tiga Piala Liga sebelumnya diraih pada 1969-1970, 1975-1976, dan 2013-2014.

Gol City pada laga ini diciptakan oleh Fernandinho pada menit ke-49. Sementara itu, gol Liverpool dicetak oleh Philippe Coutinho pada menit ke-83.

Berdasarkan statistik Whoscored, Liverpool mampu menguasai laga hingga 60 persen berbanding 40 persen milik Manchester City.

Adapun dari segi tendangan, Manchester City melepaskan tujuh tembakan ke arah gawang dari 18 usaha. Sementara itu, Liverpool hanya melakukan satu tendangan tepat sasaran dari 11 percobaan.

Saat awal pertandingan, Liverpool sempat tampil menggebrak. Akan tetapi, selepas itu Manchester City sanggup memberikan sejumlah tekanan yang membahayakan gawang The Reds.

Pada menit ke-22, misalnya, City membuat pendukung Liverpool berdebar-debar. Bagaimana tidak, bomber andalan City, Aguero, nyaris memberikan keunggulan untuk timnya.

Beruntung bagi Liverpool. Penjaga gawang mereka, Simon Mignolet, melakukan penyelamatan gemilang.

Bola sepakan Aguero yang sudah mengarah ke gawang, sukses dibelokkan Mignolet dan hanya membentur tiang gawang.

City terus membombardir pertahanan pasukan Juergen Klopp. Namun, perjuangan City belum membuahkan hasil hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, City masih mendominasi permainan. Kali ini, upaya mereka menggempur Liverpool pun tidak sia-sia.

Gelandang City asal Brasil, Fernandinho, menerima umpan dari Aguero dan melepaskan tendangan dari kotak penalti yang tak mampu ditahan oleh Mignolet. The Citizens pun unggul 1-0.

GLYN KIRK/AFP Gelandang Manchester City, Fernandinho, melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool.

Akan tetapi, saat laga memasuki menit ke-83, giliran pendukung Liverpool yang bersorak gembira. Liverpool mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan Coutinho.

Coutinho sukses menggetarkan jala gawang Willy Caballero setelah memanfaatkan bola muntah tendangan Adam Lallana yang membentur tiang gawang. Skor menjadi 1-1.

BEN STANSALL/AFP Pemain Liverpool, Philippe Coutinho, meluapkan kegembiraannya usai membobol gawang Manchester City.

Kedua tim silih berganti menyerang pada sisa waktu normal. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-1 tak berubah. Alhasil, laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com