Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aguero Vs Sturridge, Duel Striker Rentan

Kompas.com - 28/02/2016, 14:19 WIB
Anju Christian

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Ada kesamaan antara lini depan Manchester City dan Liverpool. Finalis Piala Liga Inggris ini sama-sama memiliki striker tajam yang kerap dilanda cedera.

Mereka adalah Sergio Aguero dan Daniel Sturridge. Mereka memiliki cedera identik, yaitu otot paha. Akibat masalah tersebut, Sturridge melewatkan sepuluh pertandingan Liverpool musim ini, sedangkan Aguero absen dalam tujuh laga City.

Setelah pulih dari cedera, keduanya mengalami lonjakan produktivitas. Aguero mencetak sembilan gol dalam sepuluh pertandingan terakhir City. Adapun Sturridge menghiasi lima partai terakhirnya dengan catatan tiga gol.

Gol keduanya turut memengaruhi perjalanan City dan Liverpool di Piala Liga Inggris. Berkat satu gol Aguero, City membalikkan agregat atas Everton pada semifinal kedua. Sementara itu, Sturridge menyumbang dua gol saat Liverpool menang besar atas Southampton pada perempat final.

Besar kemungkinan, Sturridge diturunkan sejak menit pertama pada final Piala Liga di Stadion Wembley, Minggu (29/2/2016). Sebab, Christian Benteke sebagai opsi lini depan lainnya, sudah lama tidak mencetak gol.

Di sisi lain, Aguero hampir pasti didahulukan ketimbang Kelechi Iheanacho dan Wilfried Bony. Dua nama terakhir selalu tergusur ke bangku cadangan saat Aguero dalam kondisi bugar.

Terbaik

Bukan tanpa alasan Aguero mendapat jaminan starter. Dia merupakan striker terbaik di Inggris apabila menilik menit per gol. Aguero hanya membutuhkan 2.004 menit pada berbagai ajang untuk mencetak 19 gol. Dengan kata lain, dia mencetak gol setiap 106 menit.

Apabila menggunakan indikator serupa, Sturridge mengekor di bawah Aguero. Dia memang baru mencetak lima gol, tetapi hanya bermain selama 606 menit musim ini. Artinya, dia cuma membutuhkan 121 menit untuk menciptakan satu gol.

Bandingkan saja dengan Jamie Vardy, yang tengah memimpin daftar pencetak gol terbanyak Premier League. Striker Leicester City ini membutuhkan 123 menit untuk mencetak satu gol.

Atas dasar itu, Steve McManaman melihat Aguero dan Sturridge bisa menentukan partai final nanti. Bahkan, mengacu statistik, dia tidak ragu menyebut keduanya sebagai striker terbaik di Inggris.

"Anda bisa melihat Harry Kane dan Jamie Vardy sebagai pemain paling konsisten musim ini. Namun, saya ingin mengatakan bahwa Aguero dan Sturridge lebih baik," kata McManaman.

"Kedua tim mengalami kesulitan di pertahanan pada musim ini. Sebuah kesempatan untuk Aguero dan Sturridge," tutur pria yang bekerja sebagai komentator BT Sport ini.

BEN STANSALL/AFP Sergio Aguero rayakan gol Manchester City ke gawang West Ham di Boleyn Ground, Sabtu (23/1/2016).

Efek

Pendapat McManaman didukung oleh eks kapten The Reds, Jamie Carragher. Bahkan, menurut dia, tidak satu pun striker rekrutan Liverpool pada musim panas 2015, mampu menyamai kualitas Sturridge.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com