Kompas.com - 27/02/2016, 07:40 WIB
Laga antara Liverpool dan Manchester United dianggap bisa mengangkat pamor ajang Liga Europa. PAUL ELLIS/AFPLaga antara Liverpool dan Manchester United dianggap bisa mengangkat pamor ajang Liga Europa.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Eks pemain sayap Liverpool, Steve McManaman, menilai bahwa laga antara mantan timnya dan Manchester United pada babak 16 besar Liga Europa bisa mengangkat popularitas ajang kasta kedua antarklub Eropa tersebut.

Pertandingan yang akan digelar pada Maret 2016 itu memang cukup menyita perhatian. Sebab, ini menjadi pertemuan pertama Liverpool dan Manchester United di kancah Eropa.

Selama ini, ajang Liga Champions lebih diminati ketimbang Liga Europa. Namun, menurut McManaman yang memperkuat Liverpool pada periode 1990-1999, pamor Liga Europa berpotensi meningkat dengan adanya laga antara Liverpool dan Manchester United.

"Saya kira itu akan menjadi laga yang luar biasa. Ini bisa menjadi sorotan dan mengangkat turnamen Liga Europa secara keseluruhan," ujar McManaman kepada Omnisport, Jumat (26/2/2016).

"Semua orang berbicara tentang Liga Champions. Akan tetapi, babak 16 besar Liga Europa dihuni beberapa tim besar dan itu akan menambah daya tarik ajang tersebut," tutur pria Inggris berusia 44 tahun itu.

Meskipun demikian, McManaman menilai bahwa pertandingan tersebut berdampak negatif bagi perwakilan Inggris di Liga Europa. Pasalnya, salah satu dari Liverpool dan Manchester United sudah dipastikan akan tereliminasi.

Wakil Inggris lainnya, Tottenham Hotspur, juga akan menjalani partai sulit melawan wakil dari Jerman, Borussia Dortmund.

"Sebenarnya saya ingin semua tim Inggris bisa melaju ke babak selanjutnya," ucap McManaman yang pernah pula memperkuat Real Madrid pada 1999-2003.

Wajar saja McManaman khawatir jika ada klub Inggris yang tersingkir dari ajang Eropa. Sebab, hal itu bisa memengaruhi peringkat Premier League di jajaran koefisien liga-liga papan atas Eropa.

Jika peringkat koefisien melorot, jatah Liga Champions dan Liga Europa untuk Premier League bisa berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Omnisport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.